SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

DISSOS DIY MONITORING PENYALURAN DANA BANTUAN PROGRAM SEMBAKO BULAN JANUARI, FEBRUARI, MARET (TERMIN I) TAHUN 2022

(Last Updated On: 1 March 2022)
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DIY, Endang Patmintarsih, SH., M.Si kemarin (25/2) saat pemantauan di Kantor Pos Besar Jogja.

Penyaluran dana bantuan program sembako bulan Januari, Februari, dan Maret Termin I Tahun 2022 dilaksanakan di Kantor Pos. Bantuan diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 5 kabupaten dan kota Se-DIY mulai tanggal 20 Februari sampai dengan 5 Maret 2022. Penyaluran dilakukan secara serentak.

Total KPM di Pemprov DIY sebanyak 205.273 orang yang terdiri dari 9.613 KPM Kota Jogja, 41.026 KPM Bantul, 21.274 KPM Kulon Progo, 92.550 KPM Gunungkidul dan 40.810 KPM Sleman.

“Dinas Sosial DIY bertugas melakukan monitoring penyaluran bantuan program sembako yang dilaksanakan untuk wilayah DIY,” ujar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DIY Endang Patmintarsih kemarin (25/2) saat pemantauan di Kantor Pos Besar Jogja.

Penyaluran bantuan sesuai instruksi Surat Kementerian Sosial Republik Indonesia Nomor 188/6.3/BS.02/02/2022 tentang Penyaluran Dana Bantuan Program Sembako Bulan Januari, Februari dan Maret Termin I Tahun 2022.

Sebelumnya, Direktorat Penanganan Fakir Miskin Wilayah II menginstruksikan kepada PT Bank BNI untuk melakukan pemindahbukuan dana bantuan ke Rekening PT Pos Indonesia (Persero).

Selanjutnya PT Pos berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten dan Kota di wilayah Kerja Direktoat PFM Wilayah II untuk mensosialisasikan mekanisme, prosedur dan jangka waktu pelaksanaan serta menerapkan protokol kesehatan dalam menyalurkan dana.

Hari kelima distribusi bantuan, terlihat masyarakat datang ke kantor pos sesuai jadwal yang ditentukan. Mereka bergantian urut sesuai nomor antri yang disediakan. Protokol kesehatan dijalankan dengan baik mulai dari mencuci tangan, pengecekan suhu, dan menjaga jarak.

“Ini sudah hari kelima. Hari ini kita bayar 1.200 orang sampai jam 4 sore. Kita bikin satu jam nya 100-125 orang. Biar gak kerumunan,” ujar Kepala Kantor Pos Besar Jogja Gus Yusuf.

Untuk membantu lanjut usia (lansia) yang tidak bisa datang, PT Pos membuka layanan kunjungan nasabah (LKN). Layanan dilakukan atas laporan dari Kelurahan setempat.

“Kita ke rumah tapi nanti setelah layanan pembayaran pertama selesai. Kelurahan laporan yang sakit, gak bisa jalan, petugas datang ke rumah. Sehari bisa menjangkau 30 kunjungan,” jelasnya.

Penulis/ Foto : Wulan Yanuarwati

(Telah terbit di Jawapos Radar Jogja edisi Sabtu, 26 Februari 2022, halaman 4)

5 1 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar