SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

DISSOS DIY HADIRI PEMBAGIAN MANFAAT PUTARAN KE-4 WKSBM AMANAH

(Last Updated On: 7 Mei 2021)

Yogyakarta (Jum’at, 30 April 2021) – Dinas Sosial (Dissos) DIY turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan pembagian manfaat putaran ke-4 kepada masyarakat oleh Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) Amanah yang berada di dusun Balong Kidul, kalurahan Potorono. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam bentuk pemberian paket sembako. Penerima manfaat pada periode 4 ini sebanyak 75 orang, terdiri dari warga kurang mampu yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan belum pernah mendapatkan bantuan dari Pemerintah. Paket sembako yang diberikan masing-masing bernilai Rp 250.000,-.

Kegiatan hanya dihadiri oleh 12 orang perwakilan penerima manfaat untuk menghindari kerumunan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Bhakti Manunggal Balong Kidul, Potorono. Kegiatan ini dihadiri dan disaksikan oleh Lurah Potorono, pengurus WKSBM Amanah, Ketua FK WKSBM kabupaten Bantul, perwakilan dari Dinas Sosial Kabupaten Bantul serta perwakilan dari Dinas Sosial DIY. Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari 12 orang perwakilan penerima manfaat dari Balong Kidul dan 2 orang perwakilan donatur dari Ayam Geprek Sa’i dan Toko Besi RUM.

Diawali dengan sambutan Ketua WKSBM Amanah, Darjo Sabdono menyampaikan harapannya agar pembagian manfaat ini dapat membantu warga penerima manfaat dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Pada kesempatan tersebut Darjo menyatakan bahwa selanjutnya WKSBM Amanah memiliki rencana untuk memberikan bantuan modal kepada pelaku usaha yang sangat membutuhkan. Rencana tersebut sangat didukung oleh Prawata, Lurah Potorono. Hal itu disampaikan dalam sambutannya, di samping menyampaikan apresiasinya atas kegiatan-kegiatan sosial yang telah dilaksanakan guna untuk membantu masyarakat sekitar.

Selanjutnya sambutan dari Giyono, S.Pd.I, selaku Ketua FK WKSBM Kabupaten Bantul yang menyampaikan pesannya kepada pengurus WKSBM Amanah agar selalu ikhlas, amanah dan transparan dalam setiap melaksanakan kegiatan. Giyono juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemerintah Desa Potorono yang telah sangat membantu di setiap kegiatan WKSBM Amanah.

Menurut Septi Setio Lansih, S.Sos selaku perwakilan dari Seksi Organisasi Sosial dan Partisipasi Masyarakat Bidang PSKS Dinas Sosial Kabupaten Bantul, WKSBM yang berada di Kabupaten Bantul tercatat adalah ada sejumlah 49 WKSBM. Namun belum semuanya aktif menyelenggarakan kegiatan dalam penanganan PPKS. Dalam sambutannya, Septi mengucapkan rasa terimakasihnya kepada para pengurus WKSBM Amanah yang selalu kompak dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini.

Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga, Kelembagaan Masyarakat dan Sumber Dana Sosial, Bidang Pemberdayaan Sosial () Dissos DIY, Dra. Winta Hayati turut menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasih kepada WKSBM Amanah yang telah aktif dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang membantu masyarakat kurang mampu di sekitar padukuhan Balong Kidul. Winta berharap WKSBM Amanah dapat menginspirasi WKSBM lain, terutama dari segi keaktifannya dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan akuntabilitas kinerjanya.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis kepada 12 orang perwakilan penerima manfaat yang hadir. Setelah penyerahan simbolis tersebut, paket sembako diantarkan langsung oleh pengurus WKSBM Amanah ke setiap rumah penerima manfaat. Perwakilan dari Dinas Sosial DIY dan Dinas Sosial Kabupaten Bantul juga turut membantu pengurus WKSBM Amanah dalam penyerahan bantuan ke rumah penerima manfaat yang berada di wilayah Balong Kidul.

Sebagai bentuk sinergitas antara pemerintah dengan masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, melalui WKSBM diharapkan penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang dilakukan oleh dan untuk masyarakat dapat memperkokoh rasa kekeluargaan serta persatuan dan kesatuan antar warga masyarakat setempat.

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar