SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

DISSOS DIY BERIKAN BANTUAN UNTUK 100 LANSIA DAMPINGAN 4 LKS-LU DI DIY

(Last Updated On: 19 May 2022)

Dinas Sosial (Dissos) DIY memberikan bantuan permakanan kepada sejumlah Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) atau yang sering dikenal dengan panti wreda di DI Yogyakarta. Ada empat LKS-LU yang mendapat bantuan di antaranya LKS-LU Hanna, Madania, Santa Monika, dan Al Marina. Bantuan permakanan diberikan berupa paket sembako untuk menunjang kesehatan para lansia.

Kepala Dinas Sosial DIY, Endang Patmintarsih mengatakan total ada 100 orang lansia yang mendapat bantuan dari keempat LKS-LU. “Kami memberikan bantuan ke 100 orang lansia yang ada di lembaga kesejahteraan sosial, salah satunya di Panti Wreda Hanna. Harapannya ini bisa membantu manambah gizi simbah-simbah yang ada di sini, supaya sehat dan berkualitas,” katanya usai memberikan bantuan di LKS Hanna Surokarsan, Selasa (17/05/2022).

Ia menerangkan saat ini kondisi Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha (BPSTW) yang dikelola oleh Dissos DIY sudah penuh. Sehingga membutuhkan bantuan LKS swasta untuk turut memberikan pelayanan sosial. “Ada dua balai yang dikelola oleh Dissos DIY, di Pakem dan Kasongan. Kondisinya sekarang penuh, ada 228 lansia. Panti swasta memang menjadi mitra kami, sehingga kami bersama-sama memberikan pelayanan sosial untuk lansia-lansia yang terlantar,” terangnya.

Endang berharap bantuan permakanan yang diberikan dapat dioptimalkan untuk menunjang kesehatan para lansia. Pihaknya akan memberikan bantuan selama enam bulan hingga November mendatang.

Sementara itu, Pimpinan Panti Wreda Hanna Surokarsan, Debora Sutiati menambahkan saat ini ada 27 lansia yang ada di panti wreda. Seluruhnya dalam kondisi sehat. Sebagai pengelola panti swasta, ia menyampaikan bahwa jajarannya sangat membutuhkan bantuan, terutama untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, seperti permakanan, diapers, alat mandi, dan lainnya. “Kami sangat terbantu dengan adanya bantuan ini, karena kami kan swasta. Bantuan ini tentu dapat kami manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan para lansia,” imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Dinas Sosial DIY Berikan Bantuan Untuk 100 Lansia di 4 Panti Wreda di DI Yogyakarta

3.3 4 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar