SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Dinsos DIY Serahkan Bantuan Kapal Motor kepada Kube FM di Girisubo

(Last Updated On: 7 Januari 2013)

Gunungkidul – Sejalan dengan upaya peningkatan derajat kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Provinsi DIY melalui Dinas Sosial bersama Diskanla memberikan bantuan sarana usaha berupa kapal motor beserta peralatan dan perlengkapannya kepada masyarakat nelayan pesisir pantai selatan Provinsi DIY. Penyerahan bantuan secara simbolis kepada para nelayan dilakukan oleh Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam IX di Pendopo Pantai Sadeng, Girisubo, Gunungkidul, Selasa (8/1).

Bantuan dua unit kapal motor 10 GT yang diserahterimakan dari Dinsos Provinsi DIY kepada Kelompok Usaha Bersama Fakir Miskin (Kube FM) Sejahtera Handayani VII desa Pucung dan Kube Sejahtera Handayani VII desa Songbanyu ini menurut Kepala Dinas Sosial Provinsi DIY, Drs Ikmal Hafzi, bersifat stimulan (perangsang). “Bantuan ini sifatnya hanya stimulan, dengan maksud agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiannya”, katanya.

Lebih lanjut, Kepala Dinas berharap dengan adanya bantuan stimulan tersebut, dapat menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, kegotong-royongan, rasa peduli terhadap sesama dan kesetiakawanan sosial, baik di dalam kelompoknya, antar kelompok maupun kelompok yang bersangkutan dengan masyarakat lingkungannya.
Pada kesempatan yang sama, melalui Wagub DIY, Diskanla Provinsi DIY juga menyerahkan bantuan dua buah kapal motor 17 GT dan sebuah kapal motor 10 GT untuk masyarakat nelayan di Girisubo.

Dalam sambutannya, Wagub berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat pesisir yang mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan. “Dengan adanya kapal motor, maka aktivitas melaut dapat lebih optimal, selain itu juga dapat memacu semangat para nelayan untuk lebih giat dalam mencari hasil tangkapan, karena area yang diarungi dapat lebih jauh” katanya. Selain itu, Wagub juga meminta sekaligus wanti-wanti supaya masyarakat mempunyai kesungguhan dan kesadaran untuk memanfaatkan dan merawat bantuan yang diberikan dengan sebaik-baiknya. “Hal ini perlu saya tekankan, karena sering terjadi di masyarakat, bantuan yang diberikan oleh pemerintah tidak dirawat dan dibiarkan mangkrak. Untuk itu, masyarakat agar betul-betul menjaga kapal motor beserta perlengkapan dan peralatannya, sehingga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk peningkatan derajat kehidupan dan kesejahteraan masyarakat di masa mendatang ”, katanya lebih lanjut.
(Sumber : Seksi Data-TI)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar