SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

DISSOS DIY SALURKAN BANTUAN PERMAKANAN BAGI 700 LANSIA TERLANTAR

(Last Updated On: 12 Agustus 2021)
Dokumentasi oleh Dinas Sosial DIY

Yogyakarta (09/08/2021) dinsos.jogjaprov.go.id – Dalam rangka fasilitasi pelayanan lanjut usia terlantar/miskin melalui kegiatan home care yang dilaksanakan oleh 11 Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) di wilayah DIY, Dinas Sosial DIY melalui APBD TA 2021 memberikan bantuan permakanan kepada 700 orang lansia yang menjadi warga binaan LKS-LU. Bantuan dikemas dalam godybag yang setiap paketnya terdiri dari : (1) Beras C4 2 kg; (2) Gula pasir 1 kg; (3) Mie Bihun 55 gr; (4) Minyak goring 1 liter; serta Teh celup 25 sct. Penyerahan bantuan dilaksanakan melalui Pengurus LKS-LU yang menjadi pengampunya, langsung di lokasi sesuai alamat Sekretariat masing-masing, pada Rabu (04/11).

Adapun 11 LKS-LU yang menjadi  penerima program fasilitasi home care yaitu: (1) LKS Cempaka, Prenggan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul; (2) BKM Maju Sejahtera, Potorono, Banguntapan, Bantul; (3) Orsos Langgeng, Kebonrejo, Temon, Kulon Progo; (4) BKL Tunas Mekar, Tuksono, Sentolo, Kulon Progo; (5) Orsos Melati, Sendangadi, Mlati, Sleman; (6) BKL Mugi Waras, Blendung, Sumbersari, Moyudan, Sleman; (7) Orsos Mekar Sari, Kerjan, Beji, Patuk, Gunungkidul; (8) LKS Laku Utomo, Wareng, Wonosari, Gunungkidul; (9) BKL Manunggal Asih, Planjan, Saptosari, Gunungkidul; (10) LKS Raharja, Kedungkeris, Nglipar, Gunungkidul; serta (11) BKM Taman Sejahtera, ,Tamanmartani, Kalasan, Sleman.  

Menurut Mulyanta, Kasi Jamsos dan Perlindungan Lansia, kegiatan yang ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan yang bernilai gizi setara dengan asupan gizi yang diperlukan, sehingga para lansia penerima manfaat akan meningkat taraf kesehatannya. Mulyanta berharap bantuan ini banyak membawa manfaat bagi para lansia penerima program. “Semoga para lansia penerima layanan program home care ini semakin bertambah sehat, bahagia dan sejahtera. Perhatian kepada para lansia terlantar/miskin mari kita tingkatkan dan utamakan, apalagi saat ini kita sedang dalam kondisi pandemi covid-19. Kami berdoa, mudah-mudahan Tuhan selalu melindungi”, ungkapnya. Lebih lanjut Mulyanta menjelaskan, bantuan ini akan diberikan secara rutin setiap bulan selama 6 bulan, mulai Juni sampai Nopember 2021.      

Sementara itu, Musinah selaku Pengurus BKL Manunggal Asih, Planjan Saptosari, Gunungkidul yang merupakan salah satu LKS penerima program ini menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dinas Sosial DIY atas bantuan sosial yang  diberikan kepada para lansia binaannya. “Terima kasih kami ucapkan kepada Dinas Sosial DIY yang pada masa Pandemi Covid-19 masih terus memberikan perhatian kepada kami dalam bentuk bantuan sosial sembako dalam rangka fasilitasi home kepada BKL Manunggak Asih”, katanya.

Lebih lanjut Musinah berharap program dari Dinas Sosial DIY ini akan terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya, karena sangat bermanfaat untuk menopang kebutuhan dasar bagi para lansia yang menjadi dampingan LKS-LU.

Ditulis : Sapto Parjono (Penyuluh Sosial Madya Dinas Sosial DIY)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar