SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

Dinsos DIY – INGO Mitra Depsos, Sharing Bersama

(Last Updated On: 6 Januari 2013)

Yogyakarta – Sebagai tindak lanjut hasil pertemuan koordinasi di Hotel Aston, Bandung bulan Mei lalu, Dinsos DIY menggelar sharing kegiatan kesejahteraan sosial antara Pemerintah Daerah dengan Orsos, LSM dan  International NGO mitra Depsos RI, Selasa (30/7), di R. Aula Timur Dinas Sosial Provinsi DIY, Jl. Janti Banguntapan Yogyakarta.

Dalam sambutan pembukaan, Kepala Dinas Sosial DIY, Drs. Sulistiyo, SH, CN, MSi,  menyambut baik kehadiran International Non Governmental Organization di wilayah Provinsi DIY. Hal ini mengingat  masih terbatasnya pelayanan kesejahteraan sosial yang bisa dilakukan oleh Pemda DIY, baik Dana APBD maupun APBN, sementara angka atau jumah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di DIY masih cukup tinggi. Selain itu, juga karena  keterbatasan sumber daya dan sebagai upaya memberdayakan pilar-pilar serta potensi yang ada pada masyarakat dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bagi INGO pelaksanaan program dan kegiatan di daerah semata-mata dilandasi oleh semangat nilai-nilai universal khususnya yang berhubungan dengan nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, pemberdayaan, non diskriminasi, tidak berpihak dan persamaan kesempatan sebagai “world citizen” dalam kerangka Millenium Development Goals (MDGs).

Dalam pertemuan Bandung telah  dihasilkan berbagai butir kesepakatan antara Internasional NGO Mitra Depsos RI dengan Dinas Sosial Provinsi.

Salah satu di antara butir-butir kesepakatan tersebut adalah payung hukum operasional INGO di daerah adalah Memorandum of Understanding (MoU) antara INGO dengan Pemerintah Pusat, dalam hal ini Depsos RI, setelah mendapat keputusan dalam rapat Interdep yang dilaksanakan oleh Deplu untuk menjadi mitra kerjanya di Indonesia.

Selanjutnya butir-butir ini akan disampaikan kepada pimpinan Depsos di Jakarta dan seluruh Kepala Dinas Sosial Propinsi di Indonesia serta INGO yang bermitra dengan Depsos.

Butir-butir  tersebut pada dasarnya lebih bersifat kesepakatan yang mengikat secara moral dalam kerangka harmonisasi dan menumbuhkan kepercayaan antar berbagai stakeholders bidang kesejahteraan sosial.

(Spt)

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar