SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

DISSOS DIY FASILITASI PROGRAM DUKUNGAN KELUARGA LANSIA MELALUI LKS KINASIH DAN ORSOS MELATI

(Last Updated On: 30 Maret 2021)

Yogyakarta (29/03/2021) dinsos.jogjaprov.go.id – Peningkatan jumlah lansia memiliki potensi yang berimplikasi terhadap kondisi sosial ekonomi, baik dalam keluarga, masyarakat maupun kemampuan negara dalam memberikan pelayanan kepada lansia. Keluarga sebagai pihak yang paling dekat dengan lansia mempunyai kewajiban untuk memberikan pelayanan terbaik kepada lansia. Untuk itulah Dinas Sosial DIY mengembangkan program pelayanan terhadap lansia yang menekankan pada keterlibatan/dukungan keluarga yang dikenal dengan Program Family Support. Program ini ditujukan bagi para lansia yang masih produktif yang memiliki keluarga, namun dalam kondisi miskin.

Demikian disampaikan Mulyanta, AKS, Kasi Jaminan Sosial dan Perlindungan Lansia Dinas Sosial DIY pada acara Bimbingan Motivasi Family Support Lanjut Usia Tahun 2021 yang diselenggarakan Dinas Sosial DIY bekerjasama dengan LKS Kinasih, di Joglo Prawiro Sentanan, Dengok I, Dengok, Playen, Gunungkidul, Rabu (24/03). Dijelaskan Mulyanta, kegiatan yang diikuti 25 orang lansia warga binaan LKS Kinasih serta 25 orang pendamping keluarga lansia ini, disamping bertujuan untuk memperkuat keberfungsian fisik, psikologis, sosial, spiritual maupun ekonomi Lansia melalui dukungan dan penyertaan keluarga, juga untuk mengembangkan potensi Lansia agar tetap aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

Menurut Mulyanta, pelaksanaan Program Family Support Lansia ini secara teknis di lapangan dilaksanaan dengan melalui kerjasama antara Dinas Sosial DIY dengan 2 (dua) LKS-LU yang telah berbadan hukum  dan memiliki ijin  operasional, yaitu LKS Kinasih, Dengok, Playen, Gunungkidul (25 orang lansia) serta Orsos Melati, Sendangadi, Mlati, Sleman.

“Tahun Anggaran 2021 ini kami telah menganggarkan kegiatan pelayanan sosial bagi lansia miskin yang masih produktif dan memiliki embrio usaha ekonomis produktif melaui program dukungan keluarga atau Family Support untuk 50 orang penerima manfaat melalui LKS Kinasih Gunungkidul serta Orsos Melati Sleman yang keduanya telah berkomitmen untuk memberikan pendampingan secara intensif”, ujarnya.

Lebih lanjut Mulyanta menjelaskan, bantuan yang nanti akan diterima oleh penerima manfaat bukan berupa uang tunai, melainkan berwujud peralatan usaha serta bahan, antara lain berupa : kompor gas beserta tabung, serokan almunium, sothil, wajan, tepung terigu, minyak goreng, gula pasir dan penyedap rasa untuk jenis usaha jualan gorengan/angkringan. Sementara untuk jenis usaha jualan minuman/es juice, bantuan berupa : blender, pisau pengupas (peeler), teko, gelas, aneka buah, gula pasir, jahe, susu, teh, bubuk kopi dan sedotan.

Melalui program ini, Mulyanta berharap dapat membantu memenuhi kebutuhan dasar lansia penerima manfaat sekaligus semakin meningkatkan kesejahteraannya.

Ditulis : Sapto Parjono (Penyuluh Sosial Madya)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar