SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Dinsos DIY Dirikan Dapur Umum di Purwomartani

(Last Updated On: 9 Januari 2013)

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hendy Kurniawan

puting-beliung-Purwomartani.jpg

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Dinas Sosial DIY mendirikan dapur umum sekaligus menyiapkan segala logistiknya di Padukuhan Bromonilan. Pendirian dapur umum untuk memenuhi kebutuhan korban bencana alam angin puting beliung, Jumat (7/12/2012), yang merusak 500 lebih rumah di Purwomartani Kalasan, Sleman.

“Kami siapkan dapur umum sekaligus logistik dan relawannya minimal sampai tiga hari ke depan,” terang Kepala Dinas Sosial DIY, Untung Sukaryadi, Minggu (9/11/2012).

Dari hasil koordinasi pendataan dengan pihak Pemkab Sleman, diputuskan bahwa tidak perlu mendirikan barak pengungsian. Akan tetapi tindakan yang harus segera dilakukan yakni memperbaiki rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan. Sedang untuk yang menderita kerusakan berat, diharapkan terlebih dulu ditampung di rumah tetangga yang kondisinya memungkinkan.

Lebih lanjut disampaikan Untung, saat ini telah disiapkan sekitar 1.200 relawan untuk membantu penanganan korban. Terutama untuk melakukan pembenahan atau membangun rumah yang mengalami kerusakan berat.

“Relawan tersebut berasal dari Taruna Siaga Bencana dan Search and Rescue (SAR) dari Sleman maupun wilayah DIY lainnya,” kata Untung.

Pemda DIY, lanjutnya, mendukung penuh upaya pemulihan kerusakan yang menimpa korban bencana puting beliung. Terlebih, bencana ini merupakan salah satu kejadian terburuk yang melanda Sleman akibat terjangan angin. Sehingga Bupati Sleman menetapkan masa tanggap darurat selama lima hari.(*)

Sumber: http://jogja.tribunnews.com/2012/12/09/dinsos-diy-dirikan-dapur-umum-di-purwomartani/
Tribun Jogja – Minggu, 9 Desember 2012 18:26 WIB
0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar