SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Dinas Sosial DIY Menyalurkan Bantuan Logistik Bagi Korban Kebakaran di Semanu

(Last Updated On: 18 Mei 2021)

Undang-undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial dan Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, menyebutkan bahwa salah satu sasaran penyelenggaraan kesejahteraan sosial adalah korban bencana. Termasuk dalam penanganan terhadap korban/warga terdampak kebakaran melalui penyaluran bantuan logistik merupakan upaya pemenuhan kebutuhan dasar yang layak untuk menjamin kelangsungan hidupnya.

Dengan berprinsip cepat, tepat, prioritas, koordinasi dan keterpaduan, berdaya guna dan berhasil guna, transparansi dan akuntabilitas, kemitraan, pemberdayaan, non diskriminatif, non proletisi (tidak boleh menyebarkan agama, keyakinan), maka tujuan dari penanggulangan bencana dapat terwujud, yaitu warga terlindungi dari bencana dan dampak yang ditimbulkannya.

Dinas Sosial DIY, pada Senin 17 Mei 2021, melalui petugas logistik Seksi Penanganan Korban Bencana Alam dan Korban Bencana Sosial (PKBA-KBS) Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjsmsos) melaksanakan droping bantuan bagi korban bencana kebakaran di Gunungkidul. Turut mendampingi penyaluran bantuan tersebut, Suyatin, SE, MM selaku Kepala Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul, beserta Pemerintah Kalurahan Ngeposari, dan anggota Tagana setempat.

Sesuai hasil asesmen anggota Tagana, bahwa terjadi kebakaran pada hari Jumat 14 Mei 2021 pukul 11.00 WIB yang menimpa 2 rumah hunian milik keluarga Sutaryo dan keluarga Suyono di Padukuhan Jragum RT 07/RW 17, Kalurahan Ngeposari, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul.

Menurut Saridi selaku petugas logistik Dinas Sosial DIY, jenis barang yang disalurkan terdiri dari tenda gulung, matras, selimut, tenda keluarga, baju kaos dan celana anak, seragam SD tas dan sepatu, paket perlengkapan ibadah, paket perlengkapan anak, serta paket alat dapur.
Adapun kriteria penerima bantuan tersebut adalah bagi korban kebakaran rumah hunian/bangunan pokok. Dari Januari hingga 17 Mei 2021 tercatat tersalurkan logistik ke 7 lokasi, dengan rincian di Bantul 2 lokasi, Kulon Progo 2 lokasi, dan Gunungkidul 3 lokasi.

(AC)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar