SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

CSR KESEJAHTERAAN SOSIAL

(Last Updated On: 16 November 2018)

CSR KESEJAHTERAAN SOSIAL

Yogyakarta (29/07/2018). Tahun 2019 dan 2020 anggaran untuk pelaksanaan kegiatan sangat terbatas. Disamping kemampuan negara untuk menyiapkan anggaran tersebut  juga karena tahun 2019 adalah tahun politik. “Optimalkan pemanfaatan csr kesejahteraan sosial.

Didukung dengan bukti2 yg akuntabel”, demikian dikatakan Kepala Dinas Sosial DIY, Drs. Untung Sukaryadi, MM.

 

Penulis : Wibowo Budhi

 

Catur pilar perlu lebih diperkuat dalam penanganan permasalahan kesejahteraan sosial (PSKS) dan pemanfaatan potensi sumber kesejahteraan sosial (PSKS). Konsep catur pilar hakekatnya adalah sebuah upaya mengoptimalkan peran pemerintah yang lebih berkaitan dengan regulasi, pemanfaatan peran masyarakat melalui berbagai macam potensi yang dimiliki, perguruan tinggi dengan kerjasama mitra yang saling menguntungkan serta peran dunia usaha dengan kepeduliannya dalam bentuk Corporrate Social Responsibility.

 

Mahasiswa merupakan potensi yang dapat dimanfaatkan. Simbiosis mutualisme dapat dilakukan. Daya kritis mahasiswa dan civitas akademika, dilengkapi dengan seperangkat keilmuan merupakan potensi perguruan tinggi untuk beroeran menangani permasalahan kesejahteraan sosial. Lembaga seperti Dinas Sosial bisa menjadi laboratorium lapangan bagi kampus untuk praktek berbagai keterampilan dan keilmuan yang dipelajari di bangku kuliah.

 

“Yang perlu dilakukan segera adalah pemetaan dan inventarisasi potensi tersebut. Dua diantaranya adalah perguruan tinggi dan perusahaan atau lembaga prifit yang memiliki kepedulian terhadap pembangunan sosial”, demikisn dikatakan Kepala Dinas.

 

Untung menyampaikan hal tersebut diacara apel pagi rutin semua karyawan dan karyawati Dinas Sosial DIY beberapa hari yang lalu. Lebih lanjut dikatakan bahwa kemampuan memanfaatkan CSR kesejahteraan sosial adalah satu strategi tersendiri yang harus dimiliki oleh ibsan sosial.

 

Pada kesempatan berbeda Kepala Bidang Partisipasi Kesejahteraan Sosial (Parsosmas), Abu Yazid, S.IP, M.Si mengatakan bahwa untuk memanfaatkan CSR kesejahteraan sosial perlu direncanakan dengan sebaik baiknya. Perencanaan ini diperlukan agar tidak terjesan “grubyak grubyuk”. “Dunia usaha merencanakan CSR nya pada bulan April setiap tahun berjalan”, demikian dikatakan Abu. “Kita harus mampu menangkap peluang tersebut jauh jauh hari”, demikian lanjut Abu.

 

Menyambung pemikiran Kepala Finas Sosial berkaitan dengan CSR kesejahteraan Sosial ini, jajaran kepala bidang dan kepala seksi harus selalu aktif dan kreatif. Strategi optimalisasi dan inisiatif sudah tidak bisa ditunda tunda lagi. Saatnya CSR kesejahteraan Sosisl untuk menggenapi realusasi catur pilar. Semoga. (WB,2018).

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar