SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Cara Mengakses Pusat Informasi dan Edukasi NAPZA Dissos DIY

(Last Updated On: 24 November 2020)

Jika lingkungan atau keluarga yang terkena NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat-zat Adiktif) diminta dapat mengakses Pusat Informasi dan Edukasi (PIE) NAPZA Dinas Sosial DIY. Widiyanto, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial, Tuna Sosial, Korban Narkotika, Psikotropika, dan Zat-zat Adiktif lainnya, Korban Tindak Kekerasan dan Korban Perdagangan Orang Dinas Sosial DIY mengatakan pemerintah membentuk lembaga PIE untuk melayani masyarakat mengenai informasi bahaya, edukasi dan konsultasi soal NAPZA. “PIE Napza sejak 2017 Indonesia darurat narkoba ini lembaga untuk antiispasi supaya masyarakat bisa memperoleh informasi dan edukasi soal Napza. Didirikan oleh Kementrian Sosial,” katanya di Starjogja 101,3 FM Senin (23/11/2020).

Widi mengatakan lembaga PIE NAPZA Dinas Sosial DIY ini salah satu dari 5 yang ada di Indonesia. Menurutnya masyarakat perlu mendapatkan informasi yang benar soal NAPZA. “Karena banyak informasi yang beredar di masyarakat terkait produk yang mengandung NAPZA seperti ada di permen, makanan, dll. Dengan mengetahui informasi yang benar masyarakat bisa menghindari,” katanya.

Ia menambahkan bahwa PIE NAPZA memiliki beberapa sarana prasarana yang dapat diakses kelompok seperti LPAN, (Lembaga Penyuluhan Anti Napza), masyarakat kampus, Penyuluh Sosial Masyarakat (PSM). Saat masa pandemi Covid-19 ini, edukasi dilakukan secara daring. “Kita edukasi lewat daring, tidak ketemu tatap langsung. Informasi atau materi diedukasikan via internet dan media kekinian,” katanya.

Sementara itu, Bony Petugas Teknis PIE NAPZA Dinas Sosial DIY mengatakan bahwa pihaknya memberikan edukasi ke masyarakat seperti tahapan pengguna NAPZA. Mulai dari coba-coba, regular, hingga adiksi. “Biasanya kalau sudah masuk tahap reguler itu baru keliatan. Kalau masih tahap coba coba itu sangat sulit mendeteksinya. Itu fungsi PIE (edukasi) karena nanti akan sampai ke tahap adiksi,” katanya.

Ardian Petugas Teknis PIE NAPZA Dinas Sosial DIY mengatakan dalam memberikan edukasi soal NAPZA ia menerapkan berbagai cara. Mulai dari kalangan anak-anak, dewasa hingga tua. “Kita sesuai sasaran dalam satu kelompok ada anak-anak kita edukasi dengan game, film ringan dan cerita. Beda kalau dewasa kita kenalkan adiksi kecanduan itu apa. Kalau orang tua, kita memberikan informasi tentang keluarga yang ada pecandu. Banyak keluarga yang salah menyikapi permasalahan tersebut.” katanya.

Artikel ini telah tayang di Starjogja.com dengan judul Cara Mengakses Pusat Informasi dan Edukasi Napza Dinsos DIY
https://www.starjogja.com/2020/11/23/cara-mengakses-pusat-informasi-dan-edukasi-napza-diy/
Penulis: Bayu | Foto : Aldy

5 1 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar