SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

TENTANG ADOPSI: Calon Adoptan Boleh Nengok ke Sayap Ibu

(Last Updated On: 5 Agustus 2014)

eko2Sampai saat ini ada sekitar 40 calon adoptan yang sudah mendaftar ke Dinas Sosial DIY. Dari jumlah itu sudah 20 yang diproses sesuai persyaratan. Bagi calon adoptan bisa datang ke Sayap IBu untuk melihat bayi-bayi mungil yang saat ini jumlahnya sekitar 20 orok.

Namun Dra Sri Ismiyati, MSi, Sekretaris Umum Sayap Ibu  wanti-wanti, kalau sudah melihat bayi-bayi yang ditelantarkan oleh ibunya dan  kini dipelihara negara melalui Dinas Sosial dan Sayap Ibu, jangan lantas jatuh hati.

Sebab bayi mungil itu belum tentu menjadi milik calon adoptan yang menengoknya. Utuk proses pengambilan bayi sesuai dengan antrian. Siapa yang lebih dulu dinyatakan memenuhi syarat, dialah yang berhak memilihnya.

Pada saat mengambilpun, adptan harus menjalani dulu pengasuhan selama 6 bulan sampai 1 tahun sebagai bentuk penyesuaian. Selama pengasuhan, pihak Dinas Sosial dan Sayap Ibu melakukan peninjauan untuk melihat sejauh mana perkembangannya. Jangan-jangan ayah-ibu angkatnya  belum siap secara mental.

Satu hal lagi yang  juga tak kalah penting adalah diberikannya pendampingan oleh psikolog anak agar ketika mengasuh tidak terjadi hal-hal yang masuk kategori blunder. Misalnya bagaimana kelak menjawab bila si anak menanyakan hal ihwal keberadaan dirinya kalau ternyata tahu bahwa dia adalah anak angkat dan sebagainya. (*)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar