SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

BPRSW TURUT LESTARIKAN WARISAN BUDAYA DUNIA

(Last Updated On: 18 Maret 2021)

Sabtu, 13 Maret 2021 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) yang tergabung dalam kelas keterampilan batik melaksanakan field study atau kunjungan lapangan di “ERISA BATIK”, yang beralamat di Iroyudan, Guwosari, Pajangan, Bantul. 

Selama field study, PPKS BPRSW melakukan praktek langsung mulai dari menggambar pola dan membatik dengan canting dan malam. Selama pengerjaan tersebut, pekerjaan PPKS dikoreksi dan diberi masukan langsung oleh pemilik usaha “Erisa Batik” selaku narasumber. Selain praktek, PPKS juga mendapatkan penjelasan narasumber tentang proses produksi batik dari awal hingga masuk dalam pasar jual beli batik sambil melakukan pengamatan langsung terhadap proses produksi batik di lokasi. PPKS BPRSW mendapatkan tips-tips dan pengalaman usaha secara langsung dari pelaku industri batik yang belum pernah diperoleh sebelumnya di kelas membatik.

Field Study keterampilan batik merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam bentuk kunjungan lapangan ke perusahaan atau tempat usaha yang bergerak di bidang kerajinan batik. Kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan PPKS akan wawasan mengenai keterampilan batik yang selama ini ditekuni. Sehingga PPKS memperoleh gambaran bagaimana memanfaatkan keterampilan membatik yang dimiliki sebagai penunjang kemandiriannya secara ekonomi. Terlebih setelah menyelesaikan rehabilitasi dan lulus dari BPRSW.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan PPKS BPRSW semakin termotivasi untuk menekuni keterampilan batik yang merupakan warisan dan kekayaan leluhur bangsa, yang telah mendapatkan pengakuan internasional sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar