SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

BIMBINGAN TEKNIS DASAR PEKERJA SOSIAL MASYARAKAT

(Last Updated On: 17 Mei 2016)

ekoYogyakarta (26/4/2016) – Dinas Sosial DIY melalui Seksi Tenaga Kesejahteraan Sosial Masyarakat (TKSM) Bidang Partisipasi Sosial Masyarakat menyelenggarakan Bimbingan Teknis Dasar Pekerja Sosial Masyarakat untuk para calon Pekerja Sosial Masyarakat.  Kegiatan tersebut telah berlangsung mulai tanggal 19 – 22 April 2016 bertempat di Hotel Satya Nugraha Jl. Sorowajan baru 16 Banguntapan, Yogyakarta dan diikuti oleh 78 peserta yang terdiri dari calon PSM yang mewakili tiap-tiap kecamatan di wilayah DIY.

Pelaksanaan Bimbingan Teknis Dasar PSM merupakan konsekuensi atas peran PSM  sebagai mitra pemerintah  dalam pelaksanaan usaha kesejahteraan sosial sampai di tingkat desa/kelurahan. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk kaderisasi untuk mendukung tumbuh kembang PSM yang memiliki pengetahuan, ketrampilan dan hasil kerja yang sesuai dengan sasaran pembangunan bidang kesejahteraan sosial. Pekerja Sosial Masyarakat yang lebih dikenal sebagai PSM sendiri merupakan anggota dari  warga masyarakat yang mempunyai pengabdian sosial, kemauan dan kemampuan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, serta telah mengikuti bimbingan atau pelatihan di bidang kesejahteraan sosial.

Seksi TKSM Dinas Sosial DIY sebagai penyelenggara kegiatan bimbingan,  melibatkan aparat pemerintah, praktisi bidang kesejahteraan sosial dan akademisi untuk menyampaikan materi pelatihan.  Adapun materi yang disampaikan pada peserta meliputi  tugas pokok, fungsi dan peran PSM,  kebijakan Dinas Sosial DIY bidang Kesejahteraan Sosial,  program dan kegiatan pembangunan Kesejahteraan Sosial Dinsos DIY, penguatan nilai-nilai kebangsaan, motivasi relawan social, proses pertolongan dalam praktek  pekerjaan sosial, pengantar praktek pekerjaan sosial, teknik  pengumpulan data (wawancara, observasi dan studi dokumentasi), nilai dan kode etik dalam praktek pekerjaan sosial, teknik melakukan assesmen (pengungkapan dan pemahaman masalah),  teknik pendataan/updating data PMKS dan PSKS, teknik penyusunan proposal, mengenal IPSM dan PSM prestasi, teknik membangun networking  (jejaring kerja) dengan sistem sumber, case conference/temu bahas kasus, terminasi dan rujukan.
Hasil yang menjadi capaian dari kegaiatan Bimbingan Teknis Dasar PSM ini yaitu meningkatnya jumlah dan persebaran PSM yang berperan aktif dalam usaha kesejahteraan sosial, meningkatnya kualitas pelayanan kesejahteraan sosial yang diterima  masyarakat, meningkatnya pengakuan dan penerimaan masyarakat terhadap keberadaan PSM serta termotivasinya Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dalam penyelenggaraan usaha kesejahteraan sosial.

Seiring dengan meningkatnya jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial baik secara kuantitas maupun kualitas memerlukan penanganan yang komperhensif dan sinergis antara stakeholder baik pemerintah, swasta maupun masyarakat. Oleh sebab itu Kepala Seksi TKSM Dinas Sosial DIY, Suparmin, MPSSp menyampaikan agar para PSM yang telah memperoleh bimbingan dan bergabung dalam wadah Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM),  mampu memberikan informasi tentang ketersediaan pelayanan kesejahteraan sosial bagi masyarakat, menjadi motor penggerak dan mendorong  penanganan PMKS, serta membangun jejaring penanganan PMKS dengan berbagai sistem sumber. (wd)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar