SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Bimbingan Motivasi KUBE PKH Tahun 2010

(Last Updated On: 6 Januari 2013)

YOGYAKARTA (Mei 2011) — Bertempat di Balai Desa Wahyuharjo, Kec. Lendah, Kab. Kulonprogo dan Rumah Makan “Ganna” Kec. Ponjong, Kab. Gunungkidul, sebanyak 60 (enam puluh) anggota KUBE PKH mengikuti Kegiatan Bimbingan Motivasi KUBE PKH penumbuhan tahun 2010.

Bimbingan Motivasi Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (KUBE PKH) penumbuhan tahun 2010, baru-baru ini digelar di 2 lokasi yakni di Desa Wahyuharjo, Kec. Lendah, Kab. Kulonprogo untuk KUBE PKH Kec. Lendah dan Kec. Temon serta di Rumah Makan Ganna Kec. Ponjong, Kab. Gunungkidul untuk KUBE PKH Kec. Semin, Kec. Semanu, Kec. Wonosari dan Kecamatan Girisubo. KUBE ini ditumbuhkan tahun 2010 lalu dengan memberikan modal usaha untuk masing-masing kelompok sebesar Rp.30.000.000,- (Tiga puluh juta rupiah) yang langsung ditransfer ke masing-masing rekening kelompok dari Kementerian Sosial R.I. Kegiatan digelar pada tanggal 18 Mei 2011 di desa Wahyuharjo dan tanggal 19 Mei 2011 di RM “Ganna” Kec. Ponjong./>

Menurut sumber di Seksi KTK, PM dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi D.I.Yogyakarta, jumlah peserta sebanyak 60 orang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara dan anggota KUBE PKH yang terbagi dalam 6 KUBE PKH. Disebutkan lebih lanjut, sumber dana untuk penyelenggaraan kegiatan adalah APBD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2011 melalui kegiatan Pembinaan dan Pemantauan Pelaksanaan PKH oleh Tim. Dalam kegiatan tersebut peserta disamping mendapatkan fasilitas berbentuk fisik seperti ATK, Honorarium dan makan juga mendapatkan beberapa pengetahuan praktis untuk pengelolaan KUBE PKH pada masa yang akan datang.

Selain dari Dinas Sosial Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulonprogo (Drs. ARIF PRASTOWO, M.Si) juga Kepala Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gunungkidul (IRFAN RATNADI, S.Sos)ditambah para pendamping PKH di 6 lokasi PKH.

Suasana Bimbingan Motivasi Penumbuhan KUBE PKH tahun 2010 menjadi sangat segar dan dipenuhi dengan gelak tawa karena format kegiatan disiapkan oleh penyelenggara dalam bentuk diskusi serta pembahasan masalah. Gelak tawa menjadi sering terdengar ketika 4 orang ketua KUBE PKH tampil dalam kegiatan tersebut menyampaikan paparan tentang aktivitas yang telah dilakukan oleh masing-masing KUBE PKH dengan gayanya masing-masing. Beberapa peserta menanggapi materi yang disampaikan oleh ketua kelompok. Format kegiatan sengaja dibuat demikian dengan maksud untuk eksplorasi berbagai hal yang dimiliki oleh para RTSM anggota PKH. Mereka diharapkan mampu dan memiliki keberanian untuk mengemukakan berbagai harapan serta permasalahan yang dihadapi dan secara bersama-sama berupaya memahami. Hal ini sesuai dengan tujuan pelayanan pekerjaan sosial yaitu keberfungsian klien.

(Sumber : Seksi KTK, PM dan Jamsos, Dinsos DIY)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar