SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

BIMBINGAN DAN REHABILITASI SOSIAL ODHA

(Last Updated On: 16 November 2018)

Yogyakarta (31/3/2017) Dalam rangka meningkatkan fungsi sosial penyandang masalah kesejahteraan sosial Orang dengan HIV- AIDS, Dinas Sosial DIY dengan dukungan Kementerian Sosial RI menyelenggarakan kegiatan bimbingan dan rehabilitasi sosial Orang dengan HIV-AIDS (ODHA). Kegiatan ini dilaksanakan selama tujuh hari mulai tanggal 21 – 29 Maret 2016.

Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 20 orang ODHA yang berasal dari 5 Kabupaten/Kota di DIY. Kegiatan ini diprioritaskan untuk ODHA yang memiliki semangat menumbuhkan usaha. Diharapkan, kegiatan ini menjadi salah satu bentuk dukungan pemerintah untuk membantu ODHA mengembangkan usaha mandirinya.

Dalam kegiatan ini peserta diberi materi tentang kebijakan-kebijakan terkait dukungan, penanganan dan pendampingan ODHA baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, Bimbingan mental oleh Psikolog berpengalaman yang menyampaikan tentang pentingnya motivasi diri dan optimisme, Bimbingan Agama, Bimbingan Kewirausahaan dengan menggandeng narasumber dari BLKPP Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyampaikan kiat sukses berwirausaha, serta bimbingan sosial tentang pentingnya dukungan dalam kelompok untuk mendorong ODHA mampu menolong diri mereka sendiri.

Dalam kesempatan tersebut, peserta diberi kesempatan untuk menyusun proposal kegiatan usaha sesuai dengan minat usaha masing-masing perserta. Pasca kegiatan bimbingan tersebut peserta akan memperoleh bantuan stimulan usaha dengan harapan bantuan tersebut dapat membantu ODHA lebih percaya diri dan mandiri dalam kehidupan bermasyarakat.(*)

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar