SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

BERMAIN, BELAJAR DAN BERLATIH MENANAM TANAMAN

(Last Updated On: 31 Oktober 2021)

Memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada anak asuh adalah bagian dari tugas Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak (BRSPA) Yogyakarta. BRSPA memiliki keinginan untuk membuat lingkungan sekitar balai menjadi hijau, hidup dan penuh dengan tanaman-tanaman yang bermanfaat. Untuk itulah pada hari Minggu tanggal 24 Oktober 2021, anak-anak asuh BRSPA yang berusia 7 hingga 18 tahun dibimbing dan diajak bermain, belajar dan berlatih untuk menanam tanaman pertanian di sekitar wisma mereka.  Ada bibit pepaya california,  bibit cabai dan tanaman lainnya yang siap ditanam anak-anak. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari minggu Ketika anak-anak libur sekolah. Kegiatan ini sangat mengasyikkan, anak-anak sangat senang dan antusias untuk belajar menanam tanaman.

Anak-anak dibimbing mulai dari mengenal cangkul dan cara mencangkul yang baik, menggali lokasi penanaman bibit pepaya, memasukkan pupuk kompos, menanam pohon hingga menyiram dan bimbingan perawatan harian.

Untuk tanaman cabai, penanaman dilakukan dengan menggunakan media tanah di dalam polybag. Anak-anak dibimbing cara mencampur tanah dengan pupuk kompos, memasukkan dalam  polybag, memasukkan bibit cabai, menyiram dan menempatkannya di tempat yang cukup cahaya matahari.

Dengan adanya kegiatan bimbingan pertanian ini diharapkan lingkungan balai menjadi hijau dan asri, ada hasil yang bisa dipanen di kemudian hari dan dinikmati anak-anak, dan yang lebih utama, anak-anak bisa  belajar cara menanam tanaman yang baik. (Nanang & Fer)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar