SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

BALAI RSBKL UNIT BINA LARAS MELAKSANAKAN TERAPI RELAKSASI WISATA BUDAYA KE CANDI SAMBISARI

(Last Updated On: 31 August 2022)

SLEMAN – Selasa, 30 Agustus 2022 Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras Unit Bina Laras melaksanakan terapi relaksasi berupa wisata budaya ke Candi Sambisari, Kalasan, Sleman. Kegiatan ini diikuti oleh 125 orang Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang didampingi oleh pegawai dan karyawan Balai Bina Laras juga perwakilan dari Pusat Rehabilitasi YAKKUM. Kegiatan ini dapat terlaksana berkat dukungan dari Program Peduli ODGJ hasil penggalangan donasi oleh peserta dan donatur BRIMO WESTLAKE ULTRA 2022.

Terapi relaksasi wisata budaya ke Candi Sambisari dilaksanakan untuk menambah wawasan PPKS tentang warisan budaya yang ada di sekitar Balai. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada PPKS Disabilitas Mental Bina Laras untuk dapat menikmati rekreasi di luar Balai.

Pada pelaksanaannya, PPKS Disabilitas Mental Bina Laras dibagi menjadi 5 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 25 orang dan didampingi oleh 2 Pramu Sosial. Kegiatan ini dipimpin oleh Pekerja Sosial, dibantu Seksi Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial, dan beberapa perwakilan petugas lainnya, diantaranya juru cuci, cleaning service dan satpam. Sesampainya PPKS Disabilitas Mental di Candi Sambisari, mereka diarahkan masuk ke lokasi dan menuju area berkumpul yang terletak di sisi timur candi. Acara diawali dengan makan snack bersama serta dilanjutkan berkeliling menikmati keindahan Candi Sambisari. PPKS Disabiitas Mental tampak antusias dan menikmati kegiatan ini.

Setelah selesai mengelilingi Candi Sambisari dan berfoto bersama, PPKS Bina Laras diarahkan untuk makan siang bersama.

Diharapkan dari kegiatan ini mampu mengurangi kejenuhan PPKS dalam menjalani masa rehabilitasi sosial di balai serta  dapat memberikan edukasi mengenai warisan budaya. (Senda Firanda)