Apel Siaga Bencana Kabupaten Kulon Progo

(Last Updated On: 21 Oktober 2020)

Selasa 20 Oktober 2020 pukul 09.00 WIB di lapangan Pengasih, berlangsung khitmad. Bupati Kulon Progo (H. Sutedjo) dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Dinas Sosial PPPA Kulon Progo yang menginisiasi kegiatan ini, sebagai momentum menguatkan kesiapsiagaan masyarakat dan mengaktifkan seluruh komponen relawan kebencanaan menghadapi masuknya musim penghujan.

Apel siaga diikuti unsur TNI, Tagana, Anggota Kampung Siaga Bencana (KSB), RAPI Siaga Bencana, Difabel Siaga Bencana, Pramuka Siaga Bencana. Di hadiri unsur Pimpinan Pemda Kabupaten Kulon Progo, Kalak BPBD, PMI, dan Panewu beserta jajaran struktural Kapanewon Pengasih hingga Pemerintah Desa/Kelurahan. Perlu kesiapsigaan dan persiapan menyeluruh menghadapi bencana memasuki musim penghujan. Kulon Progo yang merupakan daerah pesisir laut, perbukitan dan pegunungan sangatlah rentan terhatap resiko bencana, untuk itu Informasi resmi dari BMKG menjadi sebuah kebutuhan dalam rangkaian operasional kebencanaan, sekaligus sebagai indikator untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan. Bukan untuk menakut-nakuti masyarakat terhadap fenomena alam, namun justru inilah sinergi dan edukasi, bagaimana seluruh komponen terlibat saling mengingatkan, peka dan peduli melindungi dari ancaman bencana.

Pada kesempatan ini juga, dilaksanakan peresmian dua armada dukungan dalam operasi tanggap darurat, yang merupakan pemberian Kementerian Sosial RI, yaitu berupa satu unit kendaraan truk serba guna dan satu unit kendaraan roda tiga yang berfungsi sebagai dapur umum. Prosesi peresmian dilakukan oleh Bupati Kulon Progo (H. Sutedjo) dan Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial DIY (Sigit Alifianto, SE, MM) dengan menuangkan air dari dalam kendi, kemudian memecahkannya sebagai simbol kebulatan tekad sinergi dalam penanggulangan bencana. (*)

Tinggalkan Balasan

You have to agree to the comment policy.

Solve : *
3 × 11 =


Marquee Powered By Know How Media.