Rakor Rekonsiliasi PKH, Kadinsos DIY : Kawal agar Tepat Sasaran, Manfaat, dan Jumlah

(Last Updated On: 16 Oktober 2020)

Yogyakarta (16/10/2020) dinsos.jogjaprov.go.id – Kepala Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta, Endang Patmintarsih, SH, M.Si  mengajak kepada semua Dinas Sosial Kabupaten/Kota se DIY untuk bersama-sama mengawal pelaksanaan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) supaya tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat jumlah. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pengarahan pada acara Rapat Koordinasi Rekonsiliasi Penyaluran Bantuan Sosial PKH Tahun 2020, Kamis (15/10) di Aula Barat Lt. 2 Dinas Sosial DIY, Jalan Janti, Banguntapan, Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas juga menekankan tentang pentingnya data. “Semua bantuan sosial berawal dari basis data, yaitu DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, apabila tidak sesuai DTKS, maka akan muncul masalah atau temuan. Tahun depan atau 2021 harus sudah satu data” terangnya. Kepala Dinas juga mengajak untuk secara terus menerus memperbaiki data yang dipergunakan sebagai basis program pada saat ini, dengan melalui verifikasi dan validasi (verval) serta berharap segera dilakukan integrasi data.

Hadir pada acara tersebut, antara lain : Kabid. Linjamsos, Sigit Alifianto, SE, MM, Kasi Jamsos dan Perlindungan Lansia, Mulyanta, AKS, SDM PKH (Koordinator Reg. Jawa, Korwil DIY, Korkab/Korkot, APD/Operator) serta Bank HIMBARA (BNI UGM, BNI Trikora dan Bank Mandiri) sebagai penyalur dan Bank Indonesia.

Menurut Siti Maryatun Ibtiyah, S.Psi, MA, Korwil PKH DIY, kegiatan ini bertujuan untuk pencocokan data realisasi pelaksanaan penyaluran bantuan sosial  PKH bulan Juli 2020 di 5 Kabupaten/Kota se DIY. “Rakor ini penting sekali dan sangat perlu untuk diadakan untuk mencocokkan data bantuan PKH yang diterima KPM PKH berdasarkan laporan dari pendamping dengan data yang ada di bank, juga terkait data KPM yang sudah transaksi dan belum transaksi. Dalam rakor ini juga dibahas solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di lapangan”, jelasnya.

Untuk mengatasi berbagai kendala dan memperlancar pelaksanaan penyaluran Bansos PKH,  Siti Maryatun berharap koordinasi yang sudah berjalan baik selama ini baik dengan Bank Himbara maupun pihak-pihak terkait agar semakin ditingkatkan.

Ditulis : Sapto Parjono (Penyuluh Sosial Madya Dinsos DIY).

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Marquee Powered By Know How Media.
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x