LKS-LU Cempaka Salurkan JSLU dari Dinas Sosial DIY Tahap ke-4

(Last Updated On: 12 Oktober 2020)

Yogyakarta (12/10/2020) dinsos.jogjaprov.go.id – Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) “Cempaka” yang beralamat di Prenggan RT. 06, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul merupakan salah satu LKS yang menjadi mitra Dinas Sosial DIY dalam penyaluran Bantuan Sosial Program Jaminan Sosial Lanjut Usia (JSLU) yang bersumber dari Dana APBD DIY.

Untuk tahun ini LKS-LU Cempaka mendapatkan alokasi Bantuan Sosial Program JLSU dari Dinas Sosial DIY sebanyak 30 orang. Bantuan diberikan dalam bentuk uang tunai  sebesar @ Rp.200.000,- (dua ratus ribu rupiah) per orang, selama 6 bulan, dimulai bulan Juli sampai dengan Desember.

Saat ditemui di Sekretariat LKS-LU Cempaka, Kamis (8/10), Asih Ratnasari, yang menjabat sebagai Ketua LKS yang sekaligus sebagai TKSK Kecamatan Bambanglipuro, Bantul mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kepala Dinas Sosial DIY atas kepercayaan yang diberikan kepada LKS-nya sebagai salah satu dari 34 LKS-LU yang ditetapkan sebagai penyalur Program JSLU Dana APBD DIY sejak 2011.

“Atas nama LKS-LU Cempaka, kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Sosial DIY atas bantuan  yang diberikan untuk para lansia binaan kami berupa Jaminan Sosial Lanjut Usia (JSLU) yang ditransfer setiap bulan sekali melalui Rekening LKS kami. Bantuan tersebut selanjutnya kami antarkan secara langsung melalui para relawan atau pendamping sosial ke rumah-rumah meraka”.

Menurut Asih, bantuan tersebut bagi para lansia penerima manfaat dirasakan sangat membantu terutama untuk memenuhi kebutuhan dasar  mereka di masa pandemi seperti sekarang ini, supaya bisa tetap imun.

Disamping melaksanakan  Program JSLU dari Dinas Sosial DIY,  Asih juga menyebutkan pihaknya juga menjalankan program Dinas Sosial DIY yang lain, yaitu : Fasilitasi Pelayanan Lanjut Usia di rumah  atau biasa dikenal dengan istlah home care service.

Pelayanan home care ini menurut Asih sangat membantu para lanjut usia yang mempunyai hambatan fisik, mental maupun sosial.  Melalui kegiatan home care ini LKS Cempaka melalui para relawannya  memberikan dukungan dan pelayanan kepada para lansia untuk hidup mandiri, sehingga mengurangi beban baik dari anggota keluarga,  kerabat maupun tetangga dengan cara membantu memenuhi kebutuhan mereka. Dijelaskan Asih, jumlah penerima manfaat program home care di LKS Cempaka saat ini sebanyak 100 orang lansia, tersebar di 3 desa se Kapanewon Bambanglipuro, yaitu Desa Sidomulyo, Sumbermulyo, dan Mulyodadi.

Guna kelancaran dan efektivitas pelayanan program home care, pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan Pukesmas Bambanglipuro yang merupajkan UPT Dinkes Kab. Bantul, untuk memberikan pelayanan di bidang kesehatan melalui tenaga medis.

Penulis : Sapto Parjono (Penyuluh Sosial Madya Dinas Sosial DIY)

5 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Marquee Powered By Know How Media.
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x