....SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA......MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI......

,

HOTLINE BANSOS COVID-19....WA : 0812 2683 9099       Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

Fasilitasi Kegiatan Home Care, Dinsos DIY Salurknan Bantuan Permakanan untuk 700 Lansia melalui 11 LKS-LU

(Last Updated On: 11 September 2020)

Yogyakarta (10/09/2020) dinsos.jogjaprov.go.id – Pelayanan lanjut usia di rumah (home care) sangat membantu lanjut usia yang memiliki hambatan fisik, mental dan sosial, termasuk memberikan dukungan dan pelayanan untuk hidup mandiri, sehingga mengurangi beban baik dari anggota keluarga, kerabat aupun tetangga tetangga dalam membantu memenuhi kebutuhan lanjut usia. Di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta belum semua  kebutuhan dasar lanjut usia dapat terpenuhi secara layak, sehingga hidupnya bergantung pada bantuan keluarga atau orang lain.

Dalam upaya mengembangkan pelayanan sosial terhadap lanjut usia dengan sistem luar panti yang berorientasi pada kebutuhan lanjut usia supaya dapat menikmati hari tuanya dengan bahagia, Dinas Sosial DIY menganggarkan kegiatan Fasilitasi Lanjut Usia melalui Home Care. Untuk tahun anggaran 2020, jumlah penerima manfaat sebanyak 700 orang lansia yang tersebar di 5 Kabupaten/Kota yang semuanya merupakan dampingan dari Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU). Jumlah LKS penerima fasilitasi sebanyak 11 lembaga yang tersebar di 4 Kabupaten (Bantul, Kulon Progo, Gunungkidul dan Sleman), yaitu : (1) LKS Cempaka, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul; (2) BKM Maju Sejahtera,  Potorono, Banguntapan, Bantul; (3) Orsos Langgeng, Kebonrejo, Temon, Kulon Progo; (4) BLK Tunas Mekar, Tuksono, Sentolo, Kulo Progo; (5) Orsos Mekar Sari, Beji, Patuk, Gunungkidul; (6) LKS Laku Utomo, Wareng, Wonosari, Gunungkidul; (7) BKL Manunggal Asih, Planjan, Saptosari, Gunungkidul; (8) LKS Raharja, Kedungkeris, Nglipar, Gunungkidul, (9) BKL Mugi Waras, Sumbersari, Moyudan, Sleman; (10) Orsos Melati, Sendangadi, Mlati, Sleman; dan BKL Taman Sejahtera, Tamanmartani, Kalasan, Sleman.  

Demikian disampaikan  Sapto Parjono, S.Pd, MM, Penyuluh Sosial Madya Dinsos DIY disela-sela acara Penyaluran Bantuan Permakanan Fasilitasi Home Care Lansia di Sekretariat LKS-LU Melati, Sendangadi, Mlati Sleman, Senin (07/00).

Menurut Sapto Parjono, kegiatan yang bersumber dari Dana APBD DIY ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan yang bernilai gizi setara dengan asupan gizi yang diperlukan, sehingga para lansia penerima manfaat akan meningkat taraf kesehatannya.

Ditambahkan pula, penyaluran bantuan permakanan tersebut dilaksanakan sebanyak 6 kali selama 6 bulan, dimulai bulan Juni sampai dengan Nopember 2020. Jenis bantuan yang diserahkan berupa : beras,  gula pasir, minyak goreng, biscuit dan telor. Untuk teknis penyaluran bantuan, sebagaimana dijelaskan oleh Sapto Parjono, dilaksanakan melalui kerja sama dengan 11 LKS-LU  yang menjadi mitra Dinas Sosial DIY. Dinas Sosial DIY setiap pertengahan bulan (selama 6 bulan) mengirimkan bantuan permakanan sampai tingkat LKS-LU, selanjutnya masing-masing LKS akan menyerahkan secara langsung kepada para lansia penerima manfaat atau keluarganya melalui pendamping social yang ditunjuk.

Sementara itu,  H. Sudiman, S.Ag, M.Pd selaku Ketua Orsos Lanjut Usia Melati  yang beralamat di Desa Sendangadi, Melati, Sleman menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dinas Sosial DIY atas perhatiannya kepada para lansia yang menjadi dampingannya.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Dinas Sosial DIY yang pada masa musibah Pandemi Covid-19 ini telah berkenan membantu dan menyalurkan bantuan sosial  dalam rangka fasilitasi Home Care Lansia kepada Orsos Melati”, ungkapnya.

Lebih lanjut Sudiman berharap program dari Dinas Sosial DIY ini akan terus berlanjut, karena sangat bermanfaat untuk menopang kebutuhan dasar bagi para lansia yang menjadi dampingan LKS-LU.

“Harapan kami program ini tetap ada keberlanjutannya, namun demikian meskipun tanpa adanya bantuan dari pemerintah, kami tetap bergerak dengan mengandalkan kearifan lokal untuk menopang kebutuhan dasar para lanjutnya dampingan kami”, ujarnya. Menurut Sudiman, masih banyak lanjut usia bedridden dan home alone yang perlu diberikan semangat, selain dalam bentuk pemberian sembako. “Psikososial bagi para lanjut usia juga sangat diperlukan”, imbuhnya.

(Seksi Jamsos & Perlindungan Lansia)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
Maimunah
Maimunah
10 days ago

Keren programnya. Semoga lansia DIY sehat selalu. Terimakasih utk kepercayaanya pada kami BKM Tamanmartani dalam pendampingan lansia2 di Tamanmartani

Marquee Powered By Know How Media.