Bangun Sinergitas Penanganan Lansia, Komda Lansia DIY Audiensi dengan Kepala Dinsos DIY 

(Last Updated On: 31 Agustus 2020)


 Yogyakarta (31/08/2020) dinsos.jogjaprov.go.id – Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan audiensi dengan Kepala Dinsos DIY, Endang Patmintarsih, SH, M.Si di Aula Timur Dinas Sosial DIY, Jl. Janti, Banguntapan, Yogyakarta, Kamis (27/08). Hal ini dimaksudkan untuk membangun sinergitas program Komda Lansia DIY dengan Dinas Sosial DIY, terutama dalam penanganan lanjut usia di DIY. Turut hadir dalam acara tersebut, Kasi Jamsos dan Perlindungan Lansia, Mulyanta, AKS, Penyuluh Sosial Dinsos DIY, Sapto Parjono, S.Pd serta beberapa pengurus Komda Lansia DIY (Suripto, Rustiyadi, Sampoerno, Tri Martini) 
Ketua Komda DIY, Suripto, SH, MSi menyampaikan kepada Kepala Dinas berbagai langkah dan terobosan yang telah dilakukan Komda untuk bersinergi dan berjejaring dengan berbagai pihak.
 “Kami pengurus Komda Lansia DIY sudah berkunjung ke semua Komda Lansia Kabupaten/Kota se DIY. Mereka semua memberikan respon yang sangat baik dan berharap agar sering dilakukan untuk memberikan bimbingan kepada Pengurus Komda Kabupaten/Kota”, kata Suripto.

Suripto juga melaporkan, Komda Lansia DIY baru saja menyelenggarakan FGD dengan tema “Gagasan Gerakan Lansia Asuh, Asuh Lansia” pada hari Rabu, 19 Agustus 2020 di Ruang Seminar Gedung Grahatama Pustaka, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, Jl. Janti, Banguntapan, Yogyakarta. Kegiatan tersebut dihadiri 40 orang peserta dari berbagai unsur, antara  lain : instansi pemerintah terkait, Forum CSR, Pengurus Komda serta beberapa LSM yang relevan. Dari kegiatan tersebut ternyata banyak LSM yang peduli terhadap pelayanan lanjut usia, tetapi sampai saat ini belum tersebar di seluruh wilayah DIY secara proporsional. “Untuk menggerakkan lembaga-lembaga peduli lansia yang ada di masyarakat yang jumlahnya cukup banyak agar dapat terkoordinir dengan baik, perlu adanya penetapan sebagai lembaga resmi yang dinaungi peraturan sesuai dengan regulasi”, tambahnya.

Selain kegiatan tersebut, Suripto menyampaikan pula, Komda DIY telah bekerjasama dengan Dinas Kominfo DIY membuat video pendek untuk percontohan dengan tema “Menuju Kawasan Ramah Lansia” .Pembuatan video tersebut dilaksanakan dengan menggandeng PT. Kereta Api Indonesia (KAI) di Stasiun Tugu Yogyakarta.

Komda Lansia DIY, menurut Suripto, juga telah merintis dan mengembangan sebuah program bagi lansia yang dinamakan Sekolah Lanjut Usia dan telah banyak dicontoh oleh beberapa provinsi yang lain. Kegiatan ini dilaksanakan melalui kerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) DIY, Dinas Dikpora Kabupaten/Kota  dan SUKA TV.

Disamping langkah-langkah tersebut di atas, Suripto juga menyebutkan, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan PSKK UGM Yogyakarta terkait upaya mendorong Perda Lanjut Usia DIY agar tetap menjadi kebijakan Derah yang menanungi lanjut usia potensial dan tidak potensial.

Sementara itu, dalam sambutannya Kepala Dinas Sosial DIY meminta kepada Komda Lansia DIY sebagai mitra kerja agar selalu memberikan masukan agar perjalanan penyelenggaraan kesejahteraan sosial, khususnya dalam pelayanan kepada lanjut usia di DIY bisa lebih optimal. “Mohon bantuan kepada Bapak/Ibu Pengurus Komda Lansia DIY untuk bisa bekerja bersama-sama melayani para lanjut usia, baik yang potensial maupun tidak potensial yang ada di DIY. Selain itu, kami mohon juga, pada saat melakukan sosialisasi agar  memberikan pemahaman dan contoh kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan di saat pandemi ini”, kata Endang Patmintarsih.

Ditulis oleh : Sapto Parjono (Penyuluh Sosial Dinas Sosial DIY)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Marquee Powered By Know How Media.
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x