....SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA......MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI......

,

HOTLINE BANSOS COVID-19....WA : 0812 2683 9099       Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

Dinsos DIY Serahkan Jaminaan Sosial Tahap ke-2 bagi 1.000 Orang LUT

(Last Updated On: 23 Agustus 2020)

Yogyakarta (24/08/2020) dinsos.jogjaprov.go.id – Lanjut usia secara alamiah mengalami penurunan fisik, mental, sosial dan ekonomi. Hal ini sangat mempengaruhi tata hidup dan kehidupan mereka, seperti penurunan kemampuan fisik, emosional, mobiltas, interaksi sosial serta tingkat kesehatan.

Sesuai realitas yang ada saat ini, belum semua lanjut usia di Daerah Istimewa Yogyakarta dapat terpenuhi kebutuhan dasarnya secara layak, sehingga hidupnya bergantung pada bantuan keluarga atau orang lain. Untuk itulah Dinas Sosial DIY memiliki proram/kegiatan Pelayanan dan Perlindungan Lanjut Usia Terlantar (LUT) melalui Pemberian Bantuan Jaminan Sosial Lanjut Usia (JSLU) berupa uang tunai untuk 1.000 orang LUT) sebesar @ Rp.200.000,- (dua ratus ribu rupiah), selama 6 bulan. Sasaran penerima program ini adalah para lansia yang mengalami keterlantaran atau dalam kondisi miskin yang menjadi warga binaan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang tinggal di luar panti

Demikian dikatakan Mulyanta, AKS, Kasi Perlindungan dan Jaminan Sosial Lansia Dinsos DIY ketika ditemui di Kantor Dinas Sosial DIY, Jl. Janti, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, Selasa (18/08).

Ditambahkan Mulyanta, pelaksanaan transfer dana bantuan JSLU dari Pemerintah Daerah DIY ke rekening LKS pengampu, dilaksanakan pada setiap pertengahan bulan, mulai Juli sampai dengan Nopember 2020.

“Penyerahan JSLU kepada penerima manfaat kami laksanakan mulai Juli sampai Nopember 2020 melalui rekening 34 LKS yang menjadi pengampunya. Setelah dana masuk ke rekening LKS, kemudian LKS berkewajiban menyerahkan secara langsung kepada penerima manfaat yang menjadi binaannya melalui petugas pendamping yang telah ditunjuk. Saat ini kami sedang menyalurkan untuk tahap yang ke-2 dari 6 kali sesuai yang telah dianggarkan melalui Dana APBD DIY Tahun 2020”, ujarnya.

Sementara itu, Kulyah Anjar selaku Pengurus LKS Laku Utomo Desa Wareng, Wonosari, Gunungkidul yang merupakan salah satu LKS mitra Dinas Sosial DIY dalam penyaluran Program JSLU mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Dinas Sosial DIY yang telah memberikan jaminan sosial kepada para lansia terlantar yang menjadi binannya, sebanyak 30 orang lansia.

“Atas nama segenap pengurus LKS Laku Utomo Wareng, kami sangat berterima kasih kepada Kepala Dinas Sosial DIY beserta jajarannya atas bantuan yang diberikan untuk para lansia binaan kami, dalam bentuk uang tunai ini. Alhamdulillah, bantuan JSLU ini sangat bermanfaat bagi para lansia binaan kami guna memenuhi kebutuhan dasar mereka”, ungkapnya.

Penulis : Sapto Parjono (Penyuluh Sosial Madya Dinas Sosial DIY)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Marquee Powered By Know How Media.