....SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA......MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI......

,

HOTLINE BANSOS COVID-19....WA : 0812 2683 9099       Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

Menteri Sosial Berikan Taliasih bagi Keluarga Pahlawan Nasional di DIY

(Last Updated On: 22 Agustus 2020)

Memperingati Hari Kemanusiaan Sedunia,  Kementerian Sosial mencanangkan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kulonprogo, DIY. Menteri Sosial Juliari Batubara memimpin langsung pencanangan KSB tersebut dan mengatakan bahwa diperlukan sinergitas yang baik antara setiap pihak dalam menangani bencana alam. Salah satunya dengan pencanangan ini yang ditujukan sebagai upaya meningkatkan mitigasi bencana berbasis komunitas. Juliari berharap dengan program KSB ini setiap daerah bisa lebih optimal dalam melaksanakan mitigasi bencana. Menurutnya, tidak ada teori yang lebih efektif dalam melakukan mitigasi bencana selain lewat komunitas yang ada di masyarakat itu sendiri.

Selain secara simbolis mencanangkan KSB, acara yang bertemakan “Pahlawan Kehidupan Nyata” ini juga turut dihadiri oleh keluarga pahlawan nasional yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebanyak tujuh orang keluarga pahlawan nasional dihadirkan dengan maksud, Menteri Sosial ingin memberikan penghargaan berupa tali asih kepada mereka. “Jasa para pahlawan nasional tentu harus selalu kita ingat dan kita hargai, tanpa pengorbanan mereka mungkin Indonesia tak akan sebesar ini”, ungkap Juliari. Acara ini berlangsung di gedung Adikarto, Komplek Pemda Kulonprogo pada Rabu, 19 Agustus 2020.

Tujuh orang yang merupakan anak dari pahlawan nasional di DIY masing-masing mendapatkan taliasih sebesar Rp. 5.000.000,-, dan ketujuh orang keluarga pahlawan nasional tersebut adalah:

  1. Ir. Moh. Teguh Soedirman (Jenderal Soedirman)
  2. Ganis Supriyono, SE (Kol. Inf. Anm. Sugiono)
  3. Dra. Wiyata Wardhani (Ki Sarmidi Mangunsarkoro)
  4. Jauharoh (Prof. KH. Abdul Kahar Mudzakir)
  5. GBPH. Prabu Kusumo (Sri Sultan Hamengku Buwono IX)
  6. G.Bray. Murdokusumo (Sri Sultan Hamengku Buwono IX)
  7. Heriette Leliana Meka Johannes (Prof. Dr. Ir. Herman Johannes)

Perlu pembaca budiman ketahui bahwa di DIY terdapat 28 Pahlawan Nasional, berikut adalah gambar tabel daftar nama pahlawan nasional dan lokasi dimakamkannya.

Penulis: Heru Cahyo/ Penyuluh bidang Pemberdayaan Sosial

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Marquee Powered By Know How Media.