DINAS SOSIAL DIY KUKUHKAN 30 RELAWAN PENYULUH SOSIAL MASYARAKAT

(Last Updated On: 21 Agustus 2020)

Yogyakarta (19/08/2020), dinsosjogjaprov.go.id – Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta mengukuhkan sebanyak 30 Relawan Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) DIY Tahun 2020, Selasa (18/08) yang terbagi dalam 3 Kabupaten, yaitu : Kulonprogo, Bantul, dan Sleman, masing-masing 10 orang. Kegiatan yang dilaksanakan di Taman Wisata Merapi Garden, Cangkringan, Sleman tersebut berlangsung mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

Dengan adanya pengukuhan tersebut, jumlah Pensosmas di DIY saat ini total sebanyak 70 personil,  karena sebelumnya, pada 2017 di Gunungkidul sudah terbentuk 40 relawan.

Selain acara pengukuhan. pada hari itu pula diadakan kegiatan berupa peningkatan kapasitas (kemampuan) para bagi Relawan Pensosmas sebanyak 40 orang.

Endang Patmintarsih, SH, M.Si selaku Kepala Dinas Sosial DIY dalam sambutan pengarahannya mengatakan, Pensosmas merupakan kepanjangan tangan sekaligus mitra Dinas Sosial DIY yang langsung bersinggungan dengan masyarakat.

“Posisi Pensosmas berada pada barisan terdepan dalam pengkondisian lokasi kegiatan dan masyarakatnya agar mereka memahami tujuan kegiatan secara utuh dan kemudian memberikan dukungan, karena akan merasakan manfaatnya” tambahnya.

Endang juga menyatakan, di tengah pandemi COVID-19 ini, peran relawan pensosmas sangatlah penting, salah satunya untuk mengawal bantuan sosial yang diberikan Dinas Sosial DIY maupun Kementerian Sosial.

“Tugas dan tanggungjawab pensosmas jauh lebih besar saat pandemik seperti ini, salah satunya untuk mengawal bantuan sosial dari Pemerintah. Pensosmas bisa ikut mengawal, apakah sudah tepat sasaran atau belum, datanya seperti apa. Data ini jadi penting sekali. Makanya tugasnya justru lebih besar”,  ujarnya.

Kepala Dinas berharap, dengan pengukuhan 30 relawan pensosmas 2020, permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat bisa diatasi bersama.

“Kami juga punya penyuluh sosial fungsional. Harapannya bisa bersinergi agar bisa komit dan bersama-sama menyelesaikan masalah sosial. Pensosmas tidak sendiri, ada keterlibatan dari berbagai unsure masyarakat, seperti Karang Taruna, PSM, Tagana dan lain-lain,” lanjutnya. Tidak lupa, Kepala Dinas juga menyampaikan ucapan selamat bertugas untuk relawan baru yang sudah dilantik, dan berharap agar bisa menjalankan perannya di masyarakat secara maksimal.

Sementara itu, Kepala Bidang Pananganan Fakir Miskin, Agus Setyanto, SE, MA mengatakan, kegiatan ini menjadi satu pilihan untuk memberikan kesempatan kepada para Penyuluh Sosial Fugsional dan Pensosmas untuk memantaskan diri dengan tugas dan tanggungjawabnya. Mereka akan memberikan informasi yang akurat, benar secara keilmuan dan dapat dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya dan mengikuti trend kekinian secara pasti, tepat dan benar.

Penulis : Ilham Febri Purnomo, S.Sos (Penyuluh Sosial Pertama)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Marquee Powered By Know How Media.
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x