....SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA......MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI......

,

HOTLINE BANSOS COVID-19....WA : 0812 2683 9099       Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

Penyerahan Simbolis Bantuan Modal Usaha Penguatan Ekonomi Mikro Kerjasama Dinsos DIY dan BAZNAS DIY

(Last Updated On: 15 Agustus 2020)

Pada hari kamis, 13 Agustus 2020 telah dilaksanakan penyerahan simbolis bantuan modal usaha penguatan ekonomi mikro kerjasama Dinas Sosial DIY dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) DIY bertempat di aula barat kantor Dinsos DIY. Dalam sambutanya, ketua BAZNAS DIY Dr. H. Bambang Sutiyoso, SH, M.Hum mengatakan bahwa bantuan modal usaha diberikan kepada 100 orang penerima dengan besaran masing-masing yaitu Rp. 1.000.000,-. Lebih lanjut Bambang Sutiyoso menjelaskan bahwa Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Dalam Undang-undang tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Gubernur.

Kepala dinas sosial DIY, Endang Patmintarsih, SH, M.Si turut hadir didampingi dengan Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dra. Sri Suprapti dan Kepala BPRSW Dra. Retno Basundari, MM. Dalam sambutanya Endang Patmintarsih mengatakan “Jangan melihat besar kecilnya bantuan, tapi semoga bantuan stimulus modal ini dapat dipergunakan dengan baik, yang awalnya sejuta nanti bisa menjadi satu juta dua ratus, bertambah lagi jadi satu juta lima ratus, dan seterusnya. Silahkan bantuan modal ini dipergunakan untuk perbaikan atau pembelian peralatan yang menunjang usaha ibu-ibu sekalian. Jangan digunakan untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif”.

Nantinya setiap penerima bantuan modal usaha akan memberikan pertanggungjawaban kepada BPRSW dengan melaporkan penggunaan uang disertai dengan bukti nota/ kwitansi pembelian. 100 orang penerima bantuan merupakan alumni dari beberapa UPT Dinas Sosial DIY seperti BPRSW, BRTPD, dan BRSBKL, serta tenaga bantu UPT yang telah memiliki usaha seperti menjahit, olahan pangan, dan jasa salon. Beberapa penerima menyampaikan ucapan terimakasih kepada BAZNAS dan dinsos DIY serta menyampaikan bagaimana perjalanan usaha mereka dari nol hingga mampu berkembang untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Penyerahan bantuan modal usaha penguatan ekonomi mikro ini merupakan penyalurah tahap pertama, nantinya akan ada penyalurahan tahap dua yang tentunya diharapkan dapat segera terealisasi. Acara berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan foto bersama. Pendisitribusian bantuan dilaksanakan secara bertahap dan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Penulis: Heru (penyuluh sosial bidang pemberdayaan sosial)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Marquee Powered By Know How Media.