....SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA......MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI......

,

HOTLINE BANSOS COVID-19....WA : 0812 2683 9099       Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

SOP Penerimaan Calon Warga Binaan Sosial di Balai RSBKL

(Last Updated On: 30 Juli 2020)
Pembahasan SOP

Pada hari, Sabtu tanggal 25 Juli 2020 bertempat di aula rapat Bina Karya BRSBKL Dinas Sosial DIY diadakan rapat pembahasan Standar Operasional Prosedur (SOP) penerimaan calon Warga Binaan Sosial di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras sesuai dengan kebijakan pemerintah tentang kegiatan dinas atau instansi di masa pandemi Covid-19.

Rapat dipimpin oleh Kepala Balai dan dihadiri oleh:

  1. Kasubag Tata Usaha
  2. Kasie Bina Karya
  3. Kasie Bina Laras
  4. Koordinator Perawat
  5. Koordinator Peksos dan seluruh peksos di lingkungan Balai RSBKL.

Permasalahan:

  1. Permasalahan calon WBS akan masuk Balai RSBKL dimasa tanggap darurat saat ini meningkat baik yang berasal dari Keluarga sendiri maupun dari instansi Sosial Kab/Kota, Rumah Sakit Jiwa maupun Lembaga Kesejahteraan Sosial
  2. Terbatasnya sarana prasarana di Balai RSBKL baik berupa fasilitas ruang/ gedung asrama maupun Alat Pengaman Diri bagi petugas / ASN di lingkungan Balai RSBKL.
  3. Kurangnya kepedulian dari keluarga maupun masyarakat terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan terutama terhadap disabilitas mental eks psikotik setelah diserahkan ke Balai RSBKL.
  4. SOP Penerimaan WBS yang sudah ada tidak sesuai lagi dengan keadaan tanggap darurat yang berkembang saat ini.

Maksud dan Tujuan:

Maksud dan tujuan dibuatnya SOP tentang penerimaan calon WBS adalah:

  1. Agar Calon WBS dapat ditangani dan dilayani lebih baik lagi dengan dukungan dari perujuk / keluarga / masyarakat terutama di masa tanggap darurat seperti saat ini.
  2. Keluarga / masyarakat dan lembaga kesejahteraan sosial secara aktif dapat membantu dan ikut bertanggung jawab dalam proses Rehabsos sampai terminasi terutama kpd WBS yg Disabilitas Mental Eks Psikotik.
  3. Mencegah dan antisipasi penyebaran virus Corona di masa tanggap darurat di masyarakat khususnya di lingkungan BRSBKL.
Pembahasan SOP

Upaya Pemecahan Masalah
Adapun upaya yg di lakukan oleh BRSBKL dlm memecahkan masalah tersebut antara lain adalah :

A. Pembuatan SOP Penerimaan calon WBS terdiri dari 14 ( empat belas poin) antara lain:

  1. Penerimaan rujukan calon WBS diterima dan dilayani pada saat jam kerja.
  2. Balai RSBKL hanya menerima rujukan dari Masyarakat, Dinas Sosial Kabupaten/Kota, dan Balai-balai di Lingkungan Dinas Sosial DIY.
  3. Rujukan calon WBS Gelandangan Pengemis dan Disabilitas Mental Eks Psikotik telah menjalani karantina mandiri di Camp Asesmen selama 14 hari wajib rapid test.
  4. Rujukan calon WBS Disabilitas Mental Eks Psikotik dari Masyarakat dan Dinas Sosial Kabupaten/Kota wajib melalui perawatan di RSJ.
  5. Pekerja Sosial mendata calon klien rujukan dan melakukan rekam proses dan menjelaskan semua berkaitan dengan budaya pelayanan kesejahteraan sosial di Balai RSBKL Yogyakarta yang meliputi aturan, hak dan kewajiban klien dan membuat kontrak pelayanan data yang diminta meliputi:
    a. Surat keterangan Kesehatan bebas Covid-19.
    b. Hasil asesmen awal terhadap calon klien berupa hasil penegakan diagnosis kejiwaan calon klien dalam standar PPDGJ III.
    c. Hasil rekam riwayat kasus menurut klien dan asesmen dari petugas RSJ Ghrasia dan rumah sakit lainnya.
    d. Pekerja sosial melakukan pencatatan kontrak pelayanan yang ditanda tangani oleh petugas perujuk dan calon klien.
  6. Perujuk wajib menyertakan laporan sosial dan surat rekomendasi psikiater (Camp Asesmen).
  7. Rujukan dari masyarakat dibuat oleh aparat desa atau kelurahan.
  8. Calon WBS melaksanakan protokol kesehatan yang diwajibkan pemerintah dengan
    melaksanakan rapid test covid sebanyak 2 (dua) kali.
  9. Perujuk melengkapi persyaratan sesuai dengan formulir yang telah disediakan.
  10. Pekerja Sosial akan menerima calon WBS di ruang konsultasi Pekerja sosial untuk dapat dipahamkan tentang pelayanan rehabilitasi sosial dasar di balai selama 1(satu) tahun dan didata lebih detail tentang kasus atau permasalahanya dengan menerapkan physical distancing, didokumentasikan dalam satu file.
  11. Pekerja Sosial berkoordinasi dengan seksi rehabilitasi sosial dan tim perawat Balai RSBKL dalam pendataan calon klien, dan penempatan WBS.
  12. Tim perawat sebelum memberikan rekomendasi penerimaan WBS, wajib melakukan cek kesehatan dasar kepada calon WBS, bila suhu badan lebih dari 37,5 derajat celcius disarankan melakukan rujukan ke fasilitas kesehatan.
  13. Tim perawat melakukan asesmen kesehatan kepada calon WBS apabila calon WBS menderita penyakit penyerta menjadi tanggungjawab pihak perujuk atau keluarga untuk pemeriksaan lebih lanjut ke fasilitas kesehatan.
  14. Seksi Rehabilitasi Sosial menempatkan WBS dalam asrama sesuai kebutuhan dan permasalahan WBS.

Ke 14 poin di atas akan dijabarkan lebih lanjut lagi oleh Tim perumus kecil dari Balai RSBKL, bertujuan setiap bagian terdapat SOP khusus dan lebih rinci kembali terkait pelayanan dan rehabilitasi sosial dasar di Balai RSBKL.

B. Memberikan pengertian kepada keluarga / masyarakat/lembaga Kessos, agar ada persamaan persepsi dalam proses Rehabsos yg di lakukan oleh Balai RSBKL

Indikator tercapainya tujuan

  1. Adanya dorongan positif dari Keluarga/masyarakat /lembaga perujuk terhadap WBS yg sedang menjalani proses Rehabsos dasar
  2. Adanya perubahan sikap dan dukungan sosial dari keluarga/ masyarakat/lembaga perujuk terhadap WBS yg menjalani Rehabsos di Balai RSBKL

Dengan SOP Penerimaan calon WBS yg baik dan jelas akan menciptakan hubungan yang baik antara petugas dari Balai RSBKL dengan keluarga/masyarakat /lembaga perujuk sehingga pelayanan Kpd WBS baik Kpd Gepeng dan Disabilitas Mental Eks Psikotik diharapkan akan meningkat lebih baik lagi dengan dasar SOP terutama di masa tanggap darurat ini. (NY)

Tuliskan Pesan, Pertanyaan, ataupun Pengaduan di kotak/form yang tersedia di bawah ini. Administrator kami akan membalasnya. Pertanyaan/pengaduan yang menjadi fokus pelayanan kami hanya khusus untuk permasalahan sosial yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.Terima kasih.

avatar
1000
  Subscribe  
Notify of
Marquee Powered By Know How Media.