PUSPENSOS REKRUT RELAWAN PENYULUH SOSIAL MASYARAKAT DI DIY

(Last Updated On: 23 Juli 2020)

Yogyakarta (23/07/2020) dinsos.jogjaprov.go.id – Pusat Penyuluhan Sosial (Puspensos) Kementerian Sosial RI bekerjasama dengan Dinas Sosial DIY tahun ini menambah jumlah Tenaga Relawan Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) yang ada di DIY sebanyak 30 orang, berasal dari 3 kabupaten, yaitu : Bantul, Sleman dan Kulon Progo dengan jumlah personil masing-masing kabupaten 10 orang.

Demikian disampaikan Siti Mutmainah, SST, Kasubid Pelaksanaan Penyuluhan Sosial Puspensos RI di sela-sela acara Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pensosmas Tahun 2020 di Hotel Cavinton, Jln. Letjend Suprapto No. 1, Ngampilan, Wirobrajan, Yogyakarta, Rabu (22/07/2020).

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa di DIY sebelumnya sudah ada 40 orang Pensomas yang direkrut oleh Kemensos pada 2017. Mereka berasal dari Kabupaten Gunungkidul yang tersebar di 18 kecamatan.Dengan demikian, jumlah Tenaga Relawan Pensosmas di DIY nantinya akan menjadi 70 orang.

Para calon relawan pensosmas yang saat ini sedang mengikuti Latsar yang dijadwalkan berlangung selama 5 hari (tanggal 22-26 Juli 2020) tersebut, berasal dari unsur tokoh masyarat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh wanita yang berpengaruh terhadap masyarakat di lingkungannya.

Bersasarkan rundown dari penyelenggara, pada hari ke-4 latsar, peserta akan mendapatkan materi berupa Paktek Belajar Lapangan (PBL). PBL ini rencananya akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 Juli 2020, mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB di Desa Pampang. Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul dengan waktu perjalanan dari hotel ke lokasi kurang lebih sekitar 1 jam. Kegiatan ini nantinya akan dikemas dalam bentuk social mapping, dilanjutkan dengan diskusi kelompok. Peserta akan dibagi ke dalam 4 kelompok.  Malam harinya akan dilanjutkan dengan presentasi /seminar dari masing-masing kelompok.

Sementara itu, Budhi Wibowo, AKS, M.Si, Kasi Penyuluhan Sosial Dinas Sosial DIY juga menambahkan bahwa lokasi PBL yang besok akan dikunjungi merupakan lokasi yang cukup ideal, karena pensosmas beserta para tokoh masyarakat yang ada disana bisa saling bersinergi dalam membangun desanya. Budhi berharap semoga kegiatan yang telah dipersiapkan dan didesain dengan baik ini nantinya akan berjalan dengan lancar dan menyenangkan serta apa yang menjadi tujuannya akan tercapai. “One for all, all for one” tegasnya.

Harapannya lebih lanjut, semoga dengan keberadaan para Relawan Penyuluh Sosial Masyarakat ini nantinya akan mampu berperan dan berkontribusi secara optimal sebagai garda terdepan dalam mewujudkan desa berketahanan sosial.

Ditulis oleh : Sapto Parjono (Penyuluh Sosial Madya – Dinas Sosial DIY)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
Kang Jamil

Sukses dan bermanfaat untuk masyarakat

Marquee Powered By Know How Media.
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x