....SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA......MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI......

,

SATRIYA....Selaras-Akal Budi Luhur-Teladan-Rela Melayani-Inovatif-Yakin dan Percaya Diri-Ahli Profesionalitas

Pelayanan Di Balai RSBKL Selama Masa Tanggap Darurat

(Last Updated On: 18 April 2020)

Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras ( BRSBKL) adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis dari Dinas Sosial DIY.
Yang mempunyai Tugas Pokok sesuai Pasal 14 ayat 1 Pergub 90 tahun 2018 adalah:

Menyelenggarakan Perlindungan Sosial, Jaminan Sosial dan Rehabilitasi Sosial bagi Gelandangan dan Pengemis maupun eks Penyandang Disabilitas Mental.

Memberikan Bimbingan fisik, mental sosial dan ketrampilan sebagai bekal kemandirian warga binaan sosial agar mampu berfungsi sosial dan hidup mandiri serta kembali ke Keluarga / Masyarakat.

Selama masa tanggap darurat Covid 19 ini kebijakan yg di lakukan oleh Kepala Balai RSBKL adalah :

  1. Kegiatan Bimbingan dan Pelayanan tetap berjalan sesuai Jadwal, dengan tetap menjaga jarak aman antara instruktur maupun warga Binaan. Pelaksanaan proses belajar mengajar nya juga dilakukan di luar kelas misalnya di Serambi Masjid, di bawah pohon yang rindang, di teras ruang kantor maupun di halaman sesuai materi yang akan disampaikan
  2. Mewajibkan pemakaian Masker dan mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan diri dan selalu cuci tangan dengan sabun baik kepada Warga Binaan maupun kpd ASN di lingkungan Balai.
  3. Khusus yg eks Penyandang Disabilitas Mental Tiap Pagi bersama Pekerja Sosial di ajak berjemur sambil melakukan olah raga ringan di halaman kantor.
  4. Selama masa tanggap darurat Keluarga tidak di perkenankan menengok dan apabila untuk keperluan kontrol ke Rumah sakit cukup membawa Medical Record nya saja.
  5. Untuk Memantau Kesehatan para warga Binaan setiap hari dilakukan oleh para Perawat, apabila memerlukan penanganan lebih lanjut akan di periksakan ke Puskesmas terdekat.
  6. Dalam masa tanggap darurat ini Balai RSBKL sementara tidak menerima rujukan dari Balai/ lembaga kesejahteraan sosial lain maupun penyerahan dari masyarakat.
  7. Dalam rangka menjaga jarak fisik kegiatan Upacara tiap hari Senin dan Apel Pagi tiap hari ditiadakan untuk komunikasi di lakukan dengan cara perseorangan.
  8. Seminggu 2 (dua) Kali diadakan Kerja Bakti sambil berjemur dengan mengerahkan warga binaan sosial agar tercipta lingkungan Balai yang bersih dan nyaman.
  9. Bagi tamu /ASN yang akan Masuk ke Balai dilakukan pengecekan Suhu badan oleh Satpam dan di wajibkan Cuci tangan dengan sabun di tempat yg sudah dipersiapkan.
  10. Untuk Pencegahan Virus Corona telah Dilakukan Penyemprotan Disinfektan di Ruangan Kantor, Aula, ruang pelatihan, Lingkungan Asrama WBS oleh Petugas Balai sendiri maupun bantuan dari Dinas sosial DIY serta dari Forum Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Peduli. Sampai dengan saat ini pada Minggu ke 3 ( tiga) di bulan April
    Baik Warga Binaan Sosial yang Berjumlah 300 dan Pegawai yg jumlahnya 99 Orang baik ASN maupun non PNS yang bertugas tetap sehat dan bisa memberikan Pelayanan kepada Warga Binaan Sosial dengan se baik baiknya.

Kepala Balai RSBKL Hinukoro Aji selalu mengajak Para pegawai dan warga binaan sosial di Lingkungan Balai RSBKL selalu berdoa dan berharap semoga Tuhan yang Maha Esa segera menghilangkan belenggu Virus Corona ( Covid 19) ini. Sehingga Kehidupan bisa berjalan lebih baik lagi seperti sedia kala.

Tuliskan Pesan, Pertanyaan, ataupun Pengaduan di kotak/form yang tersedia di bawah ini. Administrator kami akan membalasnya. Pertanyaan/pengaduan yang menjadi fokus pelayanan kami hanya khusus untuk permasalahan sosial yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.Terima kasih.

avatar
1000
  Subscribe  
Notify of
Marquee Powered By Know How Media.