....SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA......MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI......

,

HOTLINE BANSOS COVID-19....WA : 0812 2683 9099       Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

KONSOLIDASI, MONITORING DAN SOSIALISASI PROGRAM DIGITAL DNIKS

(Last Updated On: 20 Januari 2020)


Kamis tgl 16 Januari 2020, Tantyo Adji Sudharmono Ketua Umun Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS) bersama tim berkunjung ke Dinas Sosial DIY, dalam rangka konsolidasi dan monitoring juga pembinaan BKKKS/LKKS serta mensosialisasikan Program Digital DNIKS yang pada tanggal 29 April 2019 telah di launching oleh Menteri Sosial RI, dan dalam pertemuan di hadiri juga oleh BKKKS Provinsi DIY/LKKS Kabupaten/Kota.

Masalah utama suatu daerah saat ini kesenjangan kesejahteraan, usia lanjut yang makin banyak, lapangan pekerjaan sehingga Tolak ukur sukses suatu daerah dapat diukur dr 3 faktor

  1. Angka kemiskinan
  2. Ratio Gini
  3. Human Development Index (HDI)
  4. PBB menginisiasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Sustainable Development Goals (SDGs), DNIKS mencoba membantu permasalahan-permasalahan yang ada di tingkat provinsi maupun Kabupaten/Kota melalui jaringan kerja di tinggat provinsi Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) atau disebut sebagai LKKS Kabupaten/Kota.

UU NO 11 TH 2009 tentang Kesejahteraan Sosial dan legalitasnya dikukuhkan melalui Surat Keputusan Menteri Sosial RI No: 72/HUK/2010 degan tugas pokok mengkoordinasikan peran masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, yaitu:

1. Koordinasi, DNIKS berkoordinasi dengan seluruh Organisasi Sosial Nasional, LKKS Prov/kab mengkoordinir seluruh Orsos Provinsi. Dimana saat ini LKKS seolah-olah tidak punuya peran melakukan kegiatan sosial, hanya berkoordinasasi saja, tapi LKKS sebenarnya boleh melakukan kegiatan AKSI.

2. Pembinaan, LKKS melakukan pembinaan bersama Dinas Sosial yaitu, (memperkuat, meningkatkan kualitas dan membikin maju). Namun saat ini LKKS terkendala tidak punya anggaran dalam pembinaan, lalu bagaimana bisa melaksanakan pembinaan.

Untuk itu DNIKS membangun 3 aplikasi program pembangunan melalui sistem digital sosial, bantuan Kemensos secara gratis yaitu:

  1. www.bantudong.org,   menghimpun dana masyarakat (Crowdfunding)
  2. www.konsesi.com, yang fungsiya sebagai kantor berita elektronik Konsesi, Dinas Sosial bisa menyebar informasi, memberitakan terkait kegiatan sosial kemasyarakatan dan pembangunan di desa dimana semua bisa menjadi jurnalis,   (seperti detik.com, kompas.com)
  3. www.bazarakyat.com, menampung penjualan bagi anggota yang ingin menjual produk melalui system digital. Apabila ada Bumdes yang ingin menjual melalui sisrtem digital ini bisa bergabung agar pasarnya bertambah luas karena produk yang dijual melalui sistem digital tersebut berasal dari sumber yang makin luas.

Untuk selanjutnya DNIKS bersedia bersama-sama Dinsos dan BKKKS melakukan pelatihan atau bimtek penguasaan dan mekasisme kerja ke tiga program tersebut.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Fika Kurniasari
Fika Kurniasari
7 months ago

Permisi mohon maaf saya fika kurniasari dari jurusan administrasi publik uny ingin bertanya apakah dinsos prov jogja membuka magang untuk mahasiswa semester 5 dibulan september ini ?

Marquee Powered By Know How Media.