....SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA......MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI......

,

SATRIYA....Selaras-Akal Budi Luhur-Teladan-Rela Melayani-Inovatif-Yakin dan Percaya Diri-Ahli Profesionalitas

Kenduri Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit

(Last Updated On: 29 Desember 2019)

24 Desember 2019
Halaman Dinas Sosial DIY menjadi tempat dilaksanakannya Kenduri Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit. Acara yang merupakan kegiatan bersatu padunya Peringatan HKSN dan gelar Budaya Dusun Plumbon ini sudah diawali beberapa waktu yang lalu. Selepas shalat maghrib seluruh pegawai Dinas Sosial DIY bersama dengan masyarakat dusun Plumbon mengikuti acara kenduri Budaya. Kenduri budaya merupakan wujud dalam rangka pelestarian nilai kebudayaan jawa. Tanggal 8 Desember 2019 telah dilaksanakan merti dusun Plumbon yang dilanjutkan dengan festival jajan pasar yang dilaksanakan pada 21 Desember 2019. Tujuannya adalah meningkatkan rasa gotong royong dan guyup rukun. Kemudian tanggal 22 Desember 2019 dilaksanakan kirab budaya yang diikuti oleh seluruh pegawai Dinas Sosial DIY dan masyarakat Dusun Plumbon. Kirab bertujuan untuk melestarikan budaya-budaya jawa. Temanya adalah dusun Plumbon menjunjung tinggi budaya dengan kearifan lokal dengan Jargonnya adalah “ Mulih ndeso nduwe crito, bali kutho ngowo ukara”. Masyarakat antusias mengikuti kegiatan kenduri budaya yang juga dihadiri oleh 5 pemuka agama. Ini memberikan semangat kepada masyarakat untuk tetap menjaga rasa saling menghormati dan menghargai. Acara kenduri budaya diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh 5 tokoh agama dan makan bersama menikmati tumpeng yang telah disediakan oleh warga dusun Plumbon.
Kemudian, acara dilanjutkan dengan Pagelaran Wayang Kulit oleh dalang Ki Seno Nugroho dengan lakon Banjaran Narayana. Kepala Dinas Sosial DIY dalam sambutannya menyampaikan bahwa Peringatan HKSN telah bersatu padu dengan gelar budaya dusun Plumbon dan ini sudah terlaksana sejak tahun 2013. Kepala Dinas Sosial menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Plumbon dan juga kepada Ki Seno yang telah memilih lakon menarik yang akan menceritakan perjalanan Narayana. Di dalamnya merupakan wujud implementasi dari GERBANGPRAJA yaitu saling gotongroyong. Kepala Dinas Sosial DIY juga menyampaikan bahwa diwaktu mendatang ini akan menjadi muncul GELARPRASOJO.

Hadir pula dalam kesempatan ini bapak Bambang Sugeng mewakili Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI. Beliau menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta karena telah mengimplementasikan nilai-nilai kesetiakawanan. Salah satunya peringatan HKSN yang dipadukan dengan gelar budaya. Harapannya ini dapat dijadikan contoh oleh daerah lain di Indonesia.
Pagelaran Wayang dimulai, masyarakat tumpah ruah memenuhi halaman Dinas Sosial DIY. Semua antusias mengikuti lakon yang akan dimainkan.

Bapak Bambang Sugeng menyampaikan sambutan sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI
Sambutan Kepala Dinas Sosial DIY, Drs. Untung Sukaryadi, MM
doa bersama di kenduri budaya

Tuliskan Pesan, Pertanyaan, ataupun Pengaduan di kotak/form yang tersedia di bawah ini. Administrator kami akan membalas sesegera mungkin. Terima kasih.

avatar
1000
  Subscribe  
Notify of
Marquee Powered By Know How Media.