SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

JAMBORE TAGANA DAN BHAKTI SOSIAL TAHUN 2019, DIY MEMILIKI SEMANGAT BERPRESTASI

(Last Updated On: 2 October 2019)

TAGANA Jambore dan Bhakti Sosial Tahun 2019 yang diadakan di Kawasan Bromo Tengger, Probolinggo, Jawa Timur menjadi ajang diberikannya penghargaan pada perangkat-perangkat pemerintah yang memberikan pembinaan terbaik pada TAGANA di wilayah masing-masing. TAGANA adalah Taruna Siaga Bencana, sebuah wadah berupa potensi dan sumber kesejahteraan sosial (PSKS) yang dibentuk oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia pada setiap wilayah di Indonesia. TAGANA dibentuk untuk menangani dan menanggulangi bencana yang ada di wilayah melalui pencegahan, penanganan pasca bencana pada sektor manajemen pengungsian. TAGANA dibentuk pada tahun 2005 masih dengan nama SATGASOS (Satuan Tugas Sosial) yang khusus menangani Penanganan Bencana. SATGASOS kemudian diganti nama menjadi TAGANA pada tahun 2005 .

Jambore TAGANA dan Bhakti Sosial telah dilaksanakan sejak tahun 2008, tahun 2019 dilaksanakan di Jawa Timur. Jambore TAGANA dan Bhakti Sosial menjadi sebuah ajang untuk menunjukkan kemampuan penanganan korban bencana alam seperti kemampuan Penolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Water Rescue, Pengelolaan Logistik dan Dapur Umum, Sistem Keposkoan dan Layanan Dukungan Psikososial. Uji kompetensi terhadap kemampuan diwakili oleh 10 orang pada setiap daerah yang mengikuti lomba, merupakan anggota TAGANA provinsi.

Jambore TAGANA dan Bhakti Sosial Tahun 2019 yang dilaksanakan di Kawasan Bromo Tengger pada tanggal 25 – 28 September 2019 diwakili oleh 10 anggota TAGANA DIY. Latihan dan gladi dalam menunjukkan kemampuan dalam rangka uji kompetensi yang akan di lakukan di Jambore TAGANA telah dilaksanakan dengan baik sebelum keberangkatan. Dinas Sosial sebagai Pembina TAGANA mengirimkan pendukung untuk memberikan dukungan kepada para kontingen Jambore. Lomba dilaksanakan pada tanggal 26 September 2019. Tanggal 25 September 2019 diawali dengan Gala Dinner dengan para kontingen di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Bhakti Sosial dilaksanakan pada tanggal 27 September. Penutupan pada tanggal 28 September 2019 dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Hj. Dra. Khofifah Indar Parawansa, M.Si, dan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, Bapak Harry Hikmat.

Penutupan yang dilaksanakan pada tanggal 28 September 2019 mengumumkan sederet prestasi yang akan diberikan penghargaan yang tentunya hasil dari uji kompetensi yang menjadi agenda utama dari Jambore. DIY mendapatkan Juara Dua dalam Bidang Water Rescue, dikalahkan oleh Jawa Timur sebagai peringkat pertama. Jawa Timur kemudian menjadi Juara Umum dalam Jambore dan Bhakti Sosial Tahun 2019. Prestasi lainnya yang diraih oleh DIY adalah sebagai TAGANA TELADAN disematkan kepada Agus Maksum dengan posisi ketiga, dan Prestasi yang diraih oleh Kepala DInas Sosial DIY yaitu Drs. Untung Sukaryadi, MM sebagai Pembina TAGANA. Prestasi ini menjadi bukti bahwa TAGANA DIY memiliki kualitas dalam penanganan korban bencana alam, dan akan memberikan pengerahan lebih pada waktu yang akan datang.

Tim Divisi Water Rescue sesaat sebelum Lomba di Danau Ranu Grati, Probolinggo
Perwakilan TAGANA DIY menerima penghargaan dan piala atas prestasi Juara 2 dalam divisi Water Rescue
64210cookie-checkJAMBORE TAGANA DAN BHAKTI SOSIAL TAHUN 2019, DIY MEMILIKI SEMANGAT BERPRESTASI

Tentang penulis

Pekerja Sosial di BRSPA DIY merangkap admin website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab dulu − 2 = 5