SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Bimbingan Agama Untuk Gelandangan, Pengemis dan Eks Psikotik di BRSBKL

(Last Updated On: 11 September 2019)

Dalam rangka peningkatan kualitas Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa /Allah SWT. Para Warga Binaan Sosial (WBS)  di BRSBKL Dinsos DIY disamping diberikan bimbingan ketrampilan dan bimbingan sosial kemasyarakatan masih diberikan bimbingan agama sesuai dengan Agama dan Kepercayaannya.

Sedangkan jadwal dan metode bimbingan agama yang di laksanakan di BRSBKL sebagai berikut :

1. Warga Binaan Sosial Gelandangan dan Pengemis  baik yang beragama Islam maupun Kristiani dilakukan setiap hari Senin pukul 10.30 sd 12.00 WIB. Dengan metode ceramah dan tanya jawab serta praktek ibadah di Mushola.

Bagi WBS yang beragama Islam setiap Rabu siang pukul 10. 45 sd 11. 45 WIB diberikan tambahan Belajar Baca Quran dengan metode Iqro yang di Bimbing oleh para Penyuluh Agama  dari KUA Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta.

Belajar Iqro di serambi Mushola Bina Karya

2. Warga Binaan Sosial Eks Psikotik dilakukan Bimbingan Agama Islam maupun Kristiani setiap hari Rabu pukul 10.30 sd 12. 00 WIB. Dengan metode ceramah dan tanya jawab serta praktek ibadah di Mushola maupun Gereja.

Bagi WBS yang muslim Eks Psikotik masih ada tambahan pelajaran setiap hari ( 24 kali setiap bulan) di Mushola Bina Laras dengan materi Belajar Iqro, praktek berwudhu, hafalan doa dan surat surat pendek serta tata cara Sholat.

Bimb Agama Kristiani di bina Karya

Untuk yang beragama Kristiani setiap hari Minggu oleh instrukturnya diajak beribadah di Gereja dengan tujuan agar memperdalam ajaran Keimanan dan bersosialisasi dengan komunitas Gereja.

Bimb Agama Kristiani di bina Karya
Bimb Agama Islam di Aula Balai Bina Karya

Maksud dan Tujuan  Bimbingan Agama di BRSBKL adalah:

1. Menambah ilmu pengetahuan  Agama WBS masing-masing, dengan pengetahuan Agama diharapkan dapat di amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mengingatkan kembali tentang ajaran Agama yang di anut WBS. Dengan mengingat ajaran Agamanya para WBS diharapkan dapat menjalankan perintah dan menjauhi larangan yang telah di atur dalam Agamanya.

3. Setelah para WBS mempunyai pengetahuan dan diingatkan tentang  ajaran agamanya oleh para pembimbing  di ajak untuk mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari , apabila dapat melaksanakan secara terus menerus maka akan menjadi Karakter yang baik bagi para Warga Binaan Sosial baik para Gepeng / Pemulung maupun eks Psikotik di BRSBKL.

Belajar Iqro di serambi Mushola Bina Karya
62700cookie-checkBimbingan Agama Untuk Gelandangan, Pengemis dan Eks Psikotik di BRSBKL

Tentang penulis

Pekerja Sosial di BRSPA DIY merangkap admin website

1 thought on “Bimbingan Agama Untuk Gelandangan, Pengemis dan Eks Psikotik di BRSBKL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab dulu − 2 = 4