....SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA......MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI......

,

SATRIYA....Selaras-Akal Budi Luhur-Teladan-Rela Melayani-Inovatif-Yakin dan Percaya Diri-Ahli Profesionalitas

Pembinaan dan Orientasi TAGANA Spesial Group (TSG)

(Last Updated On: 12 September 2019)

seperti halnya mengingat kembali orang tua kita (ibu) yg telah mengandung, melahirkan hingga membesarkan kita hingga menjadi sekarang ini tanpa menghitung biaya yang telah dikeluarkan dan pengorbanan yang telah dilakukan, watak seorang ibu telah membangun karakter yang bagus, menjadikan sifat dasar dalam menjadi seorang relawan, ibu mengajari kita untuk bersabar, menghormati orang lain, penyayang, menyemangati, dan pantang menyerah. Inilah sedikit rangkuman materi Pembinaan dan Orientasi TAGANA Spesial Group (TSG) oleh Kabid Linjamsos Dinas Sosial DIY (Ibu Peni Sumarwati, S. Psi). Kegiatan yang diawali hari Sabtu 7 September 2019, di buka pukul 13.00 WIB oleh Kepala Seksi Perlindungan Sosial dan Korban Bencana Dinas Sosial PPPA Kab.Kulon Progo (Ibu Sumiyati, S.Pd) beserta jajaran, didampingi oleh Ketua FK TAGANA DIY (Sdr Budiman SN, SP) dan Ketua FK TAGANA Kulon Progo (Sdr Miskijo). Dalam sambutannya Ibu Sumiyati mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas dipilihnya Kulon Progo sebagai tempat menempa diri dan menimba ilmu. Semangat ini, semoga akan menularkan energi positif di teman-teman TAGANA Kulon Progo.

Kegiatan Pembinaan dan Orientasi TSG di isi dengan beberapa pendalaman materi tentang ketugasan divisi di dalam penanggulangan bencana, untuk mengimplementasikan klaster pengungsian dan perlindungan. Bertepatan dengan momentum jelang laga Jambore Nasional TAGANA, di Jawa Timur, di pekan akhir bulan September 2019. Sehingga materinya disesuaikan dengan kebutuhan para atlit didalamnya melalui metode diskusi, pembagian peran, dan pengayaan.

Menurut pemangku adat TSG (Sdr Agus Cahyana), TSG bukan siapa-siapa, dia hanyalah wadah bagi Tagana yang masih mau belajar untuk mengembangkan diri. Bahkan TSG tidak punya apa-apa, selain semangat dan kepatuhan jiwa pada pangabdian.

Sementara pada arahannya, Ketua FK TAGANA DIY menyampaikan perihal untuk menjadi loyal dan berkapasitas perlu waktu untuk mencapainya, seseorang jangan takut untuk ditegur, dan jangan malas untuk belajar. Jadilah diri sendiri, yang mampu berintegrasi.

Menurut catatan,
TAGANA Spesial Group merupakan tim yang mempunyai tugas dan fungsi taktis, beranggotakan anggota TAGANA se-DIY yang mendaftar secara sukarela pada proses rekruitmen dan mengikuti rangkaian pendidikan serta latihan khusus dari tahap I-VI di Balai RSPA Ngemplak Sleman pada bulan Februari-Maret 2018, Orientasi bersama di momentum HUT TAGANA tingkat Nasional di Kebumen, juga pemantapan lanjutan 2 kali di Jayakarta. Penugasan ke lokasi bencana pernah TSG laksanakan, disela proses pendidikan yang belum selesai, hingga ada beberapa anggota karena ketidaksanggupan waktu dan tenaga mengikuti rangkaian pendidikan di dalamnya yang bertahap dan berkesinambungan, akhirnya terhenti dari proses tersebut.

Dalam rangka meningkatkan loyalitas, dedikasi dan komitmen TAGANA Spesial Group, Dinas Sosial DIY melaksanakan Pembinaan dan Orientasi, hari Sabtu-Minggu (7-8 September 2019) bertempat di Posko TAGANA Kabupaten Kulon Progo.

Tampil sebagai pengantar materi pembinaan dan orientasi, para inisiator TSG, antara lain Bapak Sigit Alifianto dan Sdr Dony Kristanto. Saat bercerita awal mula di bentuknya tim hingga diberi nama TSG, Bapak Sigit berpesan agar TSG memperhatikan tiga hal, yaitu Pengetahuan, Nilai dan Konsistensi. TSG harus mempergunakan kearifan lokal seperti musyawarah/rembugan dalam memecahkan masalah, sehingga sikap anggota TSG merupakan gambaran/cermin diri, sedangkan konsistensi akan menunjukkan profesional di bidangnya masing-masing.

Sdr Dhony terkait uraiaanya, ia menegaskan tentang perlunya perencanaan dari anggota yang nantinya akan menjadi rekomendasi pembuatan progam.

Dalam kegiatan sebagaimana di maksud, di waktu menjelang malam diadakan doa bersama untuk rekan yang mendahului menghadap Tuhan.

Acara Pembinaan dan Orientasi TSG di tutup pada dari Minggu 8 September 2019, pukul 16.45 WIB.

Penulis : Agus Tagana

Tuliskan Pesan, Pertanyaan, ataupun Pengaduan di kotak/form yang tersedia di bawah ini. Administrator kami akan membalas sesegera mungkin. Terima kasih.

avatar
1000
  Subscribe  
Notify of
Marquee Powered By Know How Media.