....SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA......MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI......

,

Turut Berduka cita atas Berpulangnya Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie - Presiden RI ke-3 (1936 - 2019) ....Jasamu Bagi Indonesia Takkan Terlupakan...

PENGUKUHAN PRAMUKA SIAGA BENCANA (PRAGANA) DIY

(Last Updated On: 22 Agustus 2019)


Daerah Istimewa Yogyakarta termasuk daerah rawan bencana, untuk itu perlu kerjasama dengan semua unsur dalam penanggulangan bencana karena menyadari penangulangan bencana tidak dapat dilakukan sendiri. Menyadari hal tersebut Dinas Sosial DIY berkerjasama dengan Kwarda Pramuka DIY membentuk Pramuka Siaga Bencana (PRAGANA) sebagai sahabat Taruna Siaga Bencana (TAGANA) yang nantinya akan bersinergi dalam Klaster Pengungsian Perlindungan dan Logistik.

Pelaksanaan Pelatihan tersebut menggunakan metode pembelajaran dalam maupun luar ruangan dengan pengenalan materi tentang penanggulangan klaster pengungsian dan perlindungan sosial dan klaster logistik yang meliputi materi ICS (Incident Command System), shelter, Dapur umum lapangan, Logistik dan layanan dukungan psikososial.

Penyematan pin sahabat Tagana

Rangkaian Pelatihan Pragana sendiri dilakukan mulai tanggal 7-9 Agustus 2019 di Bumi Perkemahan Taman Tunas Wiguna Babarsari, Sleman Yogyakarta. Adapun maksud dari pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian dan ketrampilan Pramuka agar profesional dalam tugas penanggulangan bencana.  Sasaran dari pelatihan ini adalah anggota pramuka sejumlah 41 personil terdiri dari Kota Yogyakarta 9 personil, Kab. Bantul 11 Personil, Kab. Kulonprogo 10 personil, Kab. Gunungkidul 2 personil dan Kab. Sleman 9 personil.

Pada Penutupan Pelatihan Kepala Dinas Sosial DIY mengungkapkan bahwa Pramuka Siaga Bencana adalah yang pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia, semoga sinergistas semacam ini bisa diikuti oleh daerah lain. Pada kesempatan itu pula Kepala Dinas Sosial DIY, Drs Untung Sukaryadi, MM melakukan Pengukuhan PRAGANA DIY yang diikuti dengan penyematan PIN Sahabat TAGANA.

Senada dengan Kepala Dinas Sosial DIY pada sambutan pengukuhan tersebut Kasubdit Kesiapsiagaan dan Mitigasi Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, Ibu Dra. Ni Masjitoh Tri Siswandewi, M.Si., juga  menjelaskan bahwa kita harus siap sedia menghadapi bencana, mitigasi bencana adalah hal penting untuk mengurangi korban dan kerugian akibat bencana, sedangkan dari Gerakan Pramuka Kwarda DIY mengungkapkan bahwa ketrampilan penanggulangan bencana akan coba diusulkan menjadi salah satu kecakapan dalam Pramuka untuk dapat di apresiasi.(ntg)

Tuliskan Pesan, Pertanyaan, ataupun Pengaduan di kotak/form yang tersedia di bawah ini. Administrator kami akan membalas sesegera mungkin. Terima kasih.

avatar
1000
  Subscribe  
Notify of
Marquee Powered By Know How Media.