....SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA......MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI......

,

Turut Berduka cita atas Berpulangnya Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie - Presiden RI ke-3 (1936 - 2019) ....Jasamu Bagi Indonesia Takkan Terlupakan...

DINSOS DAN PENSOSMAS DIY HADIR DI PAMERAN PEMBANGUNAN

(Last Updated On: 21 Agustus 2019)

Yogyakarta (19/08/2019). Hasil karya Penyuluh Sosial Masyarakat (pensosmas) Daerah Istimewa Yogyakarta dan binaan Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta tampil dalam pameran pembangunan. Pameran pembangunan ini dilaksanakan di Taman Pintar Kota Yogyakarta yang berada di seputaran titik nol kilometer Yogyakarta. Dilaksanakan mulai tanggal 15 sampai dengan 19 Agustus2019. Sejumlah karya ditampilkan untuk menyemarakkan acara tersebut.

Seperti tahun-tahun sebelumnya Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogjakarta berperan aktif dalam pameran pembangunan yang  tahun ini diselenggarakan di taman pintar. Berbeda dengan tahun sebelumnya bahwa Dinas Sosial DIY mengikutsertakan penyuluh sosial masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menampilkan karya mereka. Selain itu beberapa karya dari binaan Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta juga ikut tertata rapi di stand yang bertuliskan Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta. Karya berupa topeng batik, kain batik dan beberapa karya yang lain termasuk makanan kecil seperti peyek dan olahan pangan lainnya. Ditampilkan pula makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta, bakpia. Bakpia adalah produk dari LKS Madania binaan Dinas Sosial Daerah Istimewa Yigyakarta. Sedangkan produk batik adalah produk dari binaan di Desa Wijirejo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul. Topeng batik adalah produk dari kampung Bobung, Desa Putat, Kecamatan Patuk Gunungkidul. Ini adalah produk dari penyuluh sosial masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta

Stand Dinas Sosial selama empat hari sampai dengan tanggal 18 Agustus sore banyak dikunjungi oleh para pengunjung. Mereka bertanya banyak hal yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial DIY. Pada kesempatan tersebut para penyuluh sosial bersama penyuluh sosial masyarakat hadir di sana sebagai penjaga stand dan memberikan informasi banyak hal.

Para pengunjung pada kesempatan tersebut diberikan PIN gerbangpraja sebuah program baru berupa gerakan bangga penggunaan Aksara Jawa yang digagas oleh Kepala Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta. Peserta juga diberikan leaflet tentang pelayanan di balai pelayanan lingkup Dinas Sosial DiY.

Hal-hal teknis pelaksanaan pameran di stand Dinas SosialDaerah Istimewa Yogjakarta dikoordinasikan oleh penyuluh sosial fungsional. Dalam hal ini mereka juga berkiprah berkaitan dengan tugas fungsi yang mereka laksanakan.

Menurut rencana pameran pembanguban ini akan berakhir pada tanggal 19 Agustus tahun 2019, dan nanti stand akan ditutup pada pukul 16 sore hari Senin tanggal 19 Agustus 2019. Dalam 5 hari, kegiatan pameran yang dilaksanakan di taman pintar dimulai dari jam 09.00 sampai dengan jam 16.00 wib.

Walaupun sudah banyak informasi yang diberikan kepada para pengunjung yang menyaksikan stand dan mengunjungi stand Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta, apabila informasi yang dibutuhkan masyarakat  ternyata masih dianggap kurang atau dan hal baru yang membutuhkan informasi lanjutan maka para pengunjung dan masyarakat umum bisa menghubungi Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta yang beralamat di Jalan Janti Banguntapan Yogyakarta.

Perlu diinformasikan bahwa penyuluh sosial masyarakat adalah petugas yang bertugas menyampaikan informasi tentang pembangunan kesejahteraan sosial yang ada di masyarakat. Mereka di level desa dan kecamatan. Dibentuk atas prakarsa dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Di DIY penyuluh sosial masyarakat  tersebut sebanyak 44 orang. Mereka tersebar hanya di Kabupaten Gunungkidul. Para penyuluh sosial masyarakat ini adalah mitra kerja dan kepanjangan tangan Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menyampaikan berbagai informasi yang ada dan benar kepada masyarakat. (wb).

Penulis Budi Wibowo kasi penyuluhan sosial Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta

Tuliskan Pesan, Pertanyaan, ataupun Pengaduan di kotak/form yang tersedia di bawah ini. Administrator kami akan membalas sesegera mungkin. Terima kasih.

avatar
1000
  Subscribe  
Notify of
Marquee Powered By Know How Media.