....SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA......MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI......

,

Turut Berduka cita atas Berpulangnya Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie - Presiden RI ke-3 (1936 - 2019) ....Jasamu Bagi Indonesia Takkan Terlupakan...

“Generasi Muda Harus Bangga dengan Budaya Jawa” Sarasehan Restorasi Sosial di SMK N 2 Yogyakarta

(Last Updated On: 20 Agustus 2019)

Yogyakarta (14/8/2019) Bertepatan dengan Peringatan 1 Abad gedung Prinses Juliana School (PJS) dan Ulang tahun ke 70 SMK N 2 Yogyakarta (STM Jetis 1 Yogyakarta), Dinas Sosial DIY berkerjasama dengan SMK N 2 Yogyakarta menggelar acara Restorasi Sosial “Gerbang Praja”.  Selain untuk menyemarakkan rangkaian kegiatan acara ulang tahun tersebut, Restorasi Sosial Gerbang Praja juga ingin menggugah kembali pengunaan aksara jawa yang penuh nilai dan makna.  Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Sosial DIY, Drs. Untung Sukaryadi, MM mengungkapkan bahwa pentingnya membangun generasi muda yang “njawani”, menemukan kembali kembali nilai-nilai budaya jawa yang saat ini mulai hilang atau terkikis di masyarakat.

Penyematan Pin Gerbang Praja oleh Kepala Sekolah SMK N 2 Yogyakarta

Pada kesempatan itu pula Prof. Manu J. Widyaseputra sebagai narasumber juga menjelaskan mengenai Sejarah dan Filosofi Jawa dalam perspektif Internasional. Prof. Manu mengungkapkan bahwa kita generasi muda harus bangga terhadap filsafat jawa karena dalam aksara jawa kuno sebenarnya terkandung naskah-naskah ilmu pengetahuan yang telah ditulis sejak jaman dahulu, bila ingin menjadi ahli teknologi, silahkan melihat kembali sumber rekaman-rekaman teknologi yang ada sejak jaman dulu dalam naskah jawa kuno.

Prof. Dr. Suwarna, M.Pd Dosen Ilmu Bahasa Jawa UNY menjelaskan Peran Generasi Muda Dalam Membangun Karakter Generasi Muda Menuju Hamemayu Hayuning Buwono. Prof. Suwarna menjelaskan Budaya Pikir, Budaya Tindak dan Budaya Material untuk hamemayu hayuning buwono. Beliau menjelaskan secara konkret disertai contoh-contoh yang menarik untuk anak muda bagaimana membangun sikap dan mempraktekkan budaya jawa sebagai pedoman perilaku sehari-hari.


Sarasehan Bersama Prof Manu dan Prof Suwarna

Acara yang berlangsung pada tanggal 14 Agustus 2019 di Aula SMK N 2 Yogyakarta di dihadiri oleh Guru, Karyawan dan murid SMK N 2 Yogyakarta dan dibuka oleh kepala sekolah SMK N 2 Yogyakarta Dodot Yuliantoro, S.Pd, M.T. berlangsung sangat meriah. Genk Kobra yang membawakan lagu dengan tema kekayaan indonesia dan budaya jawa ikut menyemarakkan sarasehan tersebut. Tidak kalah menariknya yaitu penampilan teater dari siswa-siswi SMK N 2 Yogyakarta mengocok perut para siswa, guru dan karyawan yang hadir dalam sarasehan restorasi Gerbangpraja tersebut.

penampilan teater siswa siswi SMK N 2 Yk

Tuliskan Pesan, Pertanyaan, ataupun Pengaduan di kotak/form yang tersedia di bawah ini. Administrator kami akan membalas sesegera mungkin. Terima kasih.

avatar
1000
  Subscribe  
Notify of
Marquee Powered By Know How Media.