....SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA......MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI......

,

GERBANGPRAJA ....Gerakan Bangga Penggunaan Aksara Jawa....Nggugah Rasa Sithik Edhing Lumantar Aksara

SIKS-NG MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID

(Last Updated On: 27 Mei 2019)

Yogyakarta (21/5/2019) Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu (DTPPFM-OTM)  merupakan  data dasar yang digunakan sebagai acuan pemberian bantuan dan/atau pemberdayaan bagi masyarakat di Indonesia. Untuk itu data yang valid merupakan hal pokok agar program yang akan dilaksanakan tepat sasaran. “Verifikasi dan validasi (Verivali) secara periodik dan berkelanjutan harus dilakukan agar validitas data tetap terjaga” seperti yang diungkapkan oleh Hartono Laras, Sekretaris Jendral Kementerian Sosial RI. Kementerian Sosial telah membuat Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) berbasis Andoroid. Apliasi ini sebagai sarana untuk melakukan verivali data terpadu agar lebih tepat sasaran dan dapat menunjukkan lokasi dan foto-foto kondisi keluarga yang masuk data terpadu.

Salah satu hal yang mendukung didapatkannya data yang akurat, mutakhir dan terpercaya pada DTPPFM-OTM adalah adanya sumberdaya manusia yang trampil dan menguasai mekanisme dan prosedur verval melalui SIKS NG. Untuk itu Pusdatin Kemensos RI mengadakan Penguatan Kompetensi SDM Pengelola Data Dinas Sosial Kabupaten Kota di DIY. Kegiatan di laksanakan di Hotel Grand Mercure tanggal 16 – 18 Mei 2019. Peserta terdiri dari Operator dan Supervisor SIKS-NG Dinas Sosial kabupaten Kota dan DIY berjumlah 12 orang. Materi pelatihan meliputi: kebijakan dan Mekanisme Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, SIKS NG Bansos Pangan, SIKS NG PBI JK, dan SIKS NG Data terpadu  menggunakan aplikasi android.

Narasumber yang hadir dalam penguatan kompetensi tersebut antara lain Sekjen Kemensos RI, Kepala Pusdatin Kemensos RI, kepala Dinas Sosial, dan Instruktur SIKS NG. Para Narasumber memberikan penguatan pada para supervisor dan operator dari sisi kebijakan pengelolaan data terpadu dan pengoperasian SIKS NG. Diharapkan pula para peserta kegiatan ini dapat menjadi trainer SIKS NG di wilayah masing-masing. (ntg)

Tuliskan Pesan, Pertanyaan, ataupun Pengaduan di kotak/form yang tersedia di bawah ini. Administrator kami akan membalas sesegera mungkin. Terima kasih.

avatar
1000
  Subscribe  
Notify of
Marquee Powered By Know How Media.