....SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA......MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI......

,

Dinas Sosial DIY mengucapkan ....Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H....Mohon Maaf Lahir dan Batin

HUT TAGANA INDONESIA KE-15 di Daerah Istimewa Yogyakarta “Mewujudkan Tagana DIY yang terintegrasi, terampil, dan tertib dalam mengoptimalkan penanggulangan bencana berbasis masyarakat.”

(Last Updated On: 12 April 2019)

( Yogyakarta: 18.3.19) Taruna Siaga Bencana yang  disebut TAGANA adalah relawan sosial yang sudah terlatih atau Tenaga Kesejahteraan Sosial berasal dari masyarakat yang memiliki kepedulian dan aktif dalam penanggulangan bencana. TAGANA sebagai organisasi penanggulangan bencana yang dibentuk dan di bina oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Dinas Sosial seluruh Indonesia dilahirkan pada tanggal 24 Maret 2004 di Lembang Jawa Barat. Sudah 15 tahun  Kiprah TAGANA di Indonesia mewarnai kancah penanggulangan dan penanganan bencana, bersama –sama dengan lembaga dan komunitas yang lain bersinergi melakukan tindakan- tindakan penanggulangan bencana pada pra, saat dan sesudah bencana terjadi.

Pada tahun ini 2019 TAGANA INDONESIA memperingati hari lahirnya yang ke -15 tahun, menjadikan TAGANA semakin dikenal oleh masyarakat luas karena kiprahnya dalam penanggulangan serta penanganan bencana khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di Daerah Istimewa Yogyakarta pada kesempatan kali ini TAGANA Daerah Istimewa Yogyakarta memperingati HUT TAGANA KE- 15 dengan melaksanakan serangkaian kegiatan, di tingkat Kabupaten/ kota se Daerah Istimewa Yogyakarta, beberapa agenda kegiatan dalam rangka menyambut dan mengisi HUT TAGANA INDONESIA KE-15 TAHUN. Agenda kegiatan tersebut meliputi kerja bakti, Sosialisasi PRB ( Pengurangan Resiko Bencana ) ke sekolah serta masyarakat dikemas dalam kegiatan TAGANA Masuk Sekolah atau TAGANA Masuk Komunitas. Di tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta kegiatan dalam rangka HUT TAGANA INDONESIA KE-15 di pusatkan di Desa Selomartani Kalasan Sleman. Rangkain kegiatan di Desa Selomartani Kalasan adalah pembentukan KSB ( Kampung Siaga Bencana ), TMS ( TAGANA Masuk Sekolah ), TMK ( TAGANA Masuk Komunitas )  dan APEL SIAGA dengan tema “mewujudkan Tagana DIY yang terintegrasi, terampil, dan tertib dalam mengoptimalkan penanggulangan bencana berbasis masyarakat.”

Kegiatan HUT TAGANA INDONESIA KE- 15 di Daerah Istimewa Yogyakarta ini TAGANA telah masuk ke 10 sekolah di selomartani , Karang taruna dan PKK. Kegiatan tersebut disinergitaskan dengan Kampung Siaga Bencana desa selomartani “ SELO SEMBODO”  yang terdiri dari 60 orang anggota dikukuhkan oleh bupati kabupaten Sleman Drs. H. Sri Purnomo, M.S.I. pada tanggal 17 maret 2019 di Lapangan Kledokan Desa Selomartani Kalasan disaksikan oleh Jajaran pemerintahan kabupaten Sleman dan DIY, Kepala Dinas Sosial DIY  Drs.Untung Sukaryadi, MM dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta  Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X. Diakhiri dengan Apel Siaga yang melibatkan 1000 (seribu ) orang terdiri dari TAGANA, lembaga dan Komunitas penggiat pengurangan,penanggulangan dan penanganan bencana di Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagai inspektur upacara Apel Siaga adalah KGPAA Paku Alam X, dalam kesempatan tersebut  menyampaikan “Atas nama pimpinan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta kami mengucapkan selamat ulang tahun ke-15 kepada TAGANA DIY yang telah melaksanakan ketugasan dan pengabdian secara profesional, akuntabel, dan eksistensinya tidak diragukan lagi di lingkungan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta maupun di tingkat nasional. “Semoga Tagana terus bersemangat  dalam pengembangan wawasan pengurangan resiko bencana, pengelolaan pengungsi dan logistik, dan menjadi akselerator bagi upaya optimalisasi penanggulangan bencana alam, baik yang berbasis masyarakat maupun ketugasan lainnya.” Diakhir kegiatan Apel Siaga disuguhi dengan penampilan simulasi penanganan bencana gempa bumi oleh tim KSB SELO SEMBODO yang telah dibentuk dan dikukuhkan oleh Bupati Sleman pada saat sebelum apel siaga dilanjutkan dengan sarasehan menghadirkan narasumber dari Kementerian Sosial RI, Dinas Sosial DIY dan Bupati Sleman yang diikuti oleh masyarakat, TAGANA dan SAHABAT TAGANA. ( 15.07.0699)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
1 − 1 =


Marquee Powered By Know How Media.