SERAH TERIMA PKL DARI SMK MERAH PUTIH JETIS BANTUL

(Last Updated On: 11 March 2019)

Pundong, Bantul – Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas adalah salah satu UPTD Dinas Sosial DIY, Balai RTPD memiliki misi yaitu menjadi pusat penelitian dan pengembangan bagi Tenaga Kesejahteraan Sosial Profesional maupun Tenaga Kesejahteraan Sosial Masyarakat. Sebagai tempat praktek kerja lapangan (PKL) merupakan salah satu kegiatan dalam menjalankan misi tersebut. Kali ini Balai RTPD dengan SMK Merah Putih Jetis Bantul menjalin kerja sama dalam hal pelaksanaan PKL bagi siswa SMK Merah Putih kejuruan Asisten Keperawatan.

Rabu, 6 Maret 2019 rombongan dari SMK Merah Putih beserta penyelenggara layanan di Balai RTPD melaksanakan serah terima peserta PKL. Tujuan PKL siswa SMK Merah Putih yaitu agar para siswa mampu melaksanakan tindakan keperawatan dasar dalam pemenuhan kebutuhan manusia dengan terampil dan tanggung jawab, serta agar siswa dapat mengaplikasikan kompetensi yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan pada dunia kerja sesuai dengan kondisinya. Peserta PKL yang berjumlah 12 orang akan melaksanakan PKL di Balai RTPD selama 3 minggu.

Kepala SMK Merah Putih, Yuliana, S.Pd dalam sambutannya berpesan kepada para siswa agar menyerap ilmu sebanyak-banyaknya, jadikan ini sebagai salah satu pembelajaran. Penanganan langsung terhadap berbagai macam pasien dan kondisi tentu memerlukan kesiapan mental agar dapat memberikan pelayanan yang optimal, oleh karena itu beliau juga memohon bimbingan dari pihak penyelenggara untuk melatih dan membimbing para siswa bukan hanya dalam segi ilmu namun juga mengenai attitude dalam bekerja.

Kepala Balai RTPD, Sigit Alifianto, S.E., M.M dalam tanggapannya menyampaikan kerjasama Balai RTPD dan SMK Merah Putih diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak dalam pelayanan terhadap masyarakat. Beliau berpesan kepada para siswa PKl untuk jangan terlalu terikat emosinal terhadap pasien atau klien dan harus berlatih bekerja secara professional, apabila ada permasalahan dalam pelaksanaan PKL dapat berkoordinasi dengan penanggung jawab baik dari pihak SMK maupun dari pihak Balai RTPD.

Serah terima para siswa PKL SMK Merah Putih di Balai RTPD ditandai dengan penandatangan MoU. Acara dilanjutkan pengarahan dari Pekerja Sosial dan Perawat mengenai pembagian kelompok, jadwal dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan serta kondisi dan lingkungan di Balai RTPD. Besar harapan agar pelaksanaan PKL ini dapat berjalan lancar dan berkesinambungan untuk kedepannya serta dapat menjadi tempat pusat penelitian dan pengembangan bagi sekolah, universitas maupun lembaga lainnya demi pelayanan yang optimal bagi masyarakat dan kemajuan bangsa dan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
12 ⁄ 4 =


Marquee Powered By Know How Media.