SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Pembahasan Kasus ( Case Conference )dalam Penanganan Permasalahan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)

(Last Updated On: 16 November 2018)

Pembahasan kasus dalam permasalahan sosial adalah merupakan salah satu tahapan dalam pekerjaan sosial. Assesment oleh pekerja sosial, psikolog dan profesi lain yang telah menangani kasus menjadi dasar untuk melakukan intervensi kasus. Penentuan keputusan sebagai intervensi ditempuh dalam suatu pembahasan kasus. Peserta pembahasan kasus tersebut adalah berasal dari pihak-pihak yang terkait dalam penanganan masalah. Sebagai contoh pemerintah desa, kepolisian, pekerja sosial, LSM dll. Prinsip kerahasian menjadi prinsip dalam penanganan kasus artinya permasalahan yang dialami oleh PMKS hanya diketahui oleh pihak-pihak yang menangani permasalahan itu sendiri. Kepentingan terbaik bagi PMKS menjadi dasar pemecahan masalah.

Dinas Sosial DIY memberikan fasilitasi kegiatan pembahasan kasus (Case Conference) untuk beberapa permasalahan. Contoh bidang rehabilitasi sosial menyelenggarakan pembahasan kasus untuk permasalahan anak terlantar, anak berhadapan dengan hukum, penyandang disabilitas, korban penyalahgunaan napza dsb. Tugas-tugas dalam keputusan pembahasan kasus dilaksanakan sesuai dengan peran masing-masing yang telah ditentukan.

38760cookie-checkPembahasan Kasus ( Case Conference )dalam Penanganan Permasalahan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)

Tentang penulis

Pekerja Sosial di BRSPA DIY merangkap admin website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab dulu + 19 = 26