ONE DAY FOR CHILDREN TAHUN 2018

(Last Updated On: 16 November 2018)

Aku Anak Indonesia Bahagia dan Sejahtera, menjadi tema kegiatan One Day For Children tahun 2018. Sebagai upaya meningkatkan peran serta masyarakat, swasta bersama dengan pemerintah dan pembinaan dan pengembangan anak secara integrative dan berkesinambungan sehingga dapat terpenuhi hak-hak anak untuk mewujudkan kesejahteraan anak dan memberikan perlindungan bagi anak sebagai generasi penerus bangsa. Rabu, 8 Agustus 2018 menjadi kesempatan berkumpul untuk “satu hari bersama anak-anak”. One Day For Children tahun 2018 ini dilaksanakan oleh Dinas Sosial DIY melalui seksi perlindungan anak, bertempat di Gedung Serba Guna Monumen Jogja Kembali. Tujuan kegiatan ini adalah

  1. Memberikan kesempatan bagi anak pada umumnya dan anak yang bermasalah sosial khususnya untuk dapat mengaktualisasikan potensi dan kreativitasnya dengan penuh rasa ceria dan bahagia.
  2. Menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif masyarakat dan instansi terkait dalam perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak.

Kegiatan ini dihadiri oleh 400 undangan yang terdiri dari 50 tamu undangan, 2 Narasumber, 33 panitia dan 312 anak dampingan LKSA, rumah singgah, anak berprestasi dan penerima manfaat bantuan sosial TASA 2018.

Dalam kegiatan ini, anak-anak menampilkan beberapa kesenian sesuai dengan minat dan bakat anak ( menari, menyanyi, Hadroh dan membaca puisi). Tentunya ini menjadi hari yang sangat menggembirakan bagi mereka. Anak-anak juga diajak berdialog bersama dengan narasumber. Anak-anak tampak antusias ketika narasumber memberikan pertanyaan dan anak yang mampu menjawab mendapatkan hadiah. Acara dikemas santai, tidak ada jarak satu dengan yang lain dan penuh hadiah untuk anak sehingga anak menjadi lebih tertarik.

Pada kesempatan ini sekaligus dilaksanakan Lounching Bantuan PKSA / TASA (Tabungan Sosial Anak) sebesar Rp. 1.200.000.000,- kepada 45 LKSA dengan jumlah 1200 anak melalui Bank BNI. Hadir pula kepala Bank BNI Cabang Yogyakarta Bapak Bagus Ardani Sutoyo menyerahkan secara simbolis buku tabungan anak kepada penerima bantuan. Tabungan Sosial Anak adalah tabungan anak yang dapat dipergunakan untuk pemenuhan hak dasar anak dan juga untuk penguatan pengasuhan keluarga yang akan diselenggarakan dalam kegiatan TEPAK (temu penguatan anak dan keluarga).

Kepala Bidang Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial bapak Drs. Pramujaya Hadi Prianto, M.Si menyampaikan bahwa peringatan One Day For Children ini dapat memberikan motivasi kepada anak-anak, khususnya anak Jogja untuk selalu berprestasi dalam hal apapun dan memberikan semangat pula kepada keluarga / lembaga yang memberikan pengasuhan bagi anak untuk senantiasa menjadi tempat paling nyaman untuk anak-anak.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Marquee Powered By Know How Media.
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x