....SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA......MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI......

,

Dinas Sosial DIY mengucapkan ....Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H....Mohon Maaf Lahir dan Batin

MENGGAGAS FORUM (BERSAMA) KOMUNIKASI PSKS DIY

(Last Updated On: 16 November 2018)

Penulis : Wibowo Budhi

Yogyakarta (02/08/2018). Wadah yang khusus perlu dibentuk sebagai ajang konunikasi sekaligus menaungi PSKS di lingkungan Dinas Sosial DIY. Ini adalah seperti “tali suh” sapu lidi yang mampu menghimpun kekuatan PSKS menjadi lebih besar. Forum (Bersama) Komunikasi PSKS DIY menjadi pilihan terbaik.

Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang dimaksud bukan hanya PSKS yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial RI tetapi seluruh pihak terkait sebagai pelaku/pelaksana pelayanan kesejahteraan sosial. Mereka yang nyata nyata melakukan upaya mewujudkan kesejahteraan sosial bersama. Ranah pemberdayaan, perlindungan, jaminan, pendampingan serta lingkup tugas yang lainnya.

Saat ini Bidang Partisipasi Sosial Masyarakat (Parsosmas) Dinas Sosial DIY sedang menggodok ide pembentukan forum tersebut. Langkah awal yang telah dan akan dilakukan adalah inventarisasi seluruh potensi yang ada. Selanjutnya menghadirkan mereka dalam forum untuk mendiskusikan banyak hal. Pertemuan pertemuan kecil antar bidang di lingkungan Dinas Sosial DIY pun telah intensif dilakukan.

Bukan sebuah forum herarkis komando, tetapi forum bersama. Mereka yang ada didalamnya adalah kesatuan perwakilan dengan hak dan kewajiban yang sama. Tidak ada yang lebih tinggi kewenangannya. Sama. Demikian yang terlontar dalam setiap pertemuan awal yang dilakukan. Keterwakilan setiap PSKS menjadi sebuah keharusan, karena ini memang wadah PSKS.

Minimal ada dua alasan penting perlunya dibentuk forum (bersama) ini. Yang pertama berkaitan dengan pengumpulan energi yang sangat besar dari seluruh PSKS yang ada. Sebenarnya setiap PSKS telah memiliki kompetensi dan keunggulan masing masing. Sinergi serta penyatuan potensi ini adalah kekuatan yang luar biasa. Kedua, adalah untuk menyepakati mekanisme kerja serta media memecahkan permasalahan PSKS itu sendiri dan juga permasalahan dalam pelaksanaan tugas fungsinya. Nanti tidak ada lagi sesama PSKS tidak saling tegur sapa, tidak saling kenal atau bahkan lempar lemparan pekerjaan karena merasa bukan tanggung jawabnya. Apalagi saling menjelekkan sampai merendahkan antar PSKS. Itu semua diharapkan bisa dihilangkan. Minimal dikurangi. Tidak ada lagi jalur khusus komunikasi langsung ke kementerian tertentu untuk pemecahan masalah masalah.

Dirembug yang baik. Adalah semangat yang akan diusung. Mimpi untuk dapat sabaya mukti. Sejahtera bersama doktrin yang ingin selalu dijunjung tinggi. Hal ini sesuai dengan semboyan yang mulai tersisihkan. Tat Twam Asi. Aku adalah kamu. Seharusnya ini tidak sebatas slogan tapi amunisi untuk menjadi yang terbaik bersama.

Tanggung jawab besar  forum (bersama) PSKS telah menunggu. Pada saatnya forum ini akan diberikan tanggung jawab mengelola kegiatan. Mereka akan betul betul dipasrahi untuk melaksanakan kegiatan. Semacam event organiser. Bukan hanya terbatas pada pelaksanaan. Lebih dari itu adalah dari merencanakan, melaksanakan sampai pada bentuk bentuk pertanggungjawaban. Mari kita dukung gagasan ini. (WB’2018).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
39 ⁄ 13 =


Marquee Powered By Know How Media.