SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

BARU SLEMAN YANG PUNYA FORUM LEMBAGA KEUANGAN MIKRO (LKM) KUBE SE KABUPATEN

(Last Updated On: 26 Maret 2021)


Pada hari selasa, 23 Maret 2021 telah dilaksanakan Forum Group Discission ( FGD) Pengurus Kube dan Lembaga Keuangan Mikro di RM Joglo Munggur Jl. Ngapak – Kentheng Sumber Sendangmulyo Mingir Sleman yang diselenggarakan Dinas Sosial DIY. Dalam Sambutanya, Ibu Kepala Dinas Sosial DIY, Endang Patmintarsih , SH, MSi memberikan apresiasi kepada bapak ibu pengurus kube dan LKM yang masih semangat mengurus kube dan LKM, harapanya LKM bisa merespon kebutuhan masyarakat dan berinovasi untuk mengembangkan pelayanan LKM tidak sebatas simpan pinjam, tetapi juga bisa bekerja sama dengan Bumdes dan lembaga lainya.

Beliau menjelaskan bahwa penumbuhan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dilakukan untuk mendorong masyarakat pra sejahtera dapat keluar dari ketidakberdayaan setelah  4 tahun pendampingan. Kemudian dalam satu kecamatan Kube-kube yang berhasil tersebut membentuk Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dengan sistem koperasi yang diberi dana bantuan stimulan mulai 175 Juta hingga 250 Juta. Kapanewon dan Kalurahan juga perlu menindak lanjuti Kube dan LKM yang masih berjalan, karena ada yang baik dan ada yang butuh penanganan khusus. Selain itu Kapanewon dan Kalurahan dapat membuka jejaring dan berkolaborasi dengan Bumdes.

Pada Acara ini juga dilakukan Pengukuhan Pengurus Forum Lembaga keuangan Mikro KUBE oleh Kepala Dinas Sosial DIY. Forum yang diketuai oleh Sunu Tri Widada, SIP tersebut  terdiri dari 7 LKM yaitu LKM Kube Sejahtera’05 Sidoluhur Godean,  KSPPS BMT KUBE sejahtera 020 tlogoadi, KSPS LKM KUBE Sejahtera 17 Seyegan, BMT KUBE Sejahtera 017 Trihanggo,  BMT KUBE Sejahtera 019, KSU LKM KUBE sejahtera 091 Minggir, dan LKM BMT Kube 018 Banyuraden. Diharapkan forum ini menjadi pelopor kabupaten-kabupaten lain untuk membentuk Forum LKM KUBE yang dapat secara mandiri mengembangkan kualitas pelayanannya.

Salah satu inovasi dari forum tersebut adalah LKM Peduli, sumbangan sosial yang dialoksikan dari penghasilan LKM  yang diberikan kepada Panitia Pembangunan Masjid Nurul Asfar Daratan 2 Sendangarum Minggir yang diwakili oleh Riswanto, serta kepada Widarto anggota KUBE Sido Dadi Cerbonan Sendangmulyo yang mengalami kecelakaan hingga patah tulang.

Dinas sosial mempunyai semangat bersama membangun dan mengembangkan KUBE dan LKM menjadi lebih maju, untuk itu dalam rangka meningkatkan kapasitas  diperlukan pembinaan yang tersinergi lintas sektoral, pada acara FGD ini mengundang Narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM DIY, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, serta Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) agar LKM dan Pengurus KUBE dapat terbuka wawasan dan dapat mengakses pelayanan pada OPD tersebut.

Dinas Koperasi Dan UKM dapat memberikan pembinaan kepada KUBE dan LKM dengan cara mendaftarkan diri secar a online ke aplikasi SIBAKUL  untuk mendapat fasilitas paket pelatihan dan Pedampingan berjenjang, yang terbagi dalam 3 kelas pemetaan dan pemilahaan kondisi UMKM untuk disesuaikan dengan kurikulum untuk memenuhi standar konsumen.  UMKM yang terdaftar dapat berjualan di Marketplace SIBAKUL JOGJA setelah kurasi dapat mengakses bantuan bebas biaya antar (free onkir) yang bekerjasama dengan ojek online seperti Grab dan Gojek hingga Pembebasan biaya sewa bagi produk UMKM di galeri UMKM Bandara YIA.

Dinas pertanian dan ketahanan pangan memberi bantuan sosial untuk peternakan, perkebunan dan pertanian, melalui Gapoktan, Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Lembaga Keuangan Desa (LKD) dengan total untuk kabupaten  Sleman sebesar 1,285 milyar. Pada Bidang Ketahanan Pangan juga memiliki program pembinaan dan pelatihan kelompok tani padi, kelompok tani horti, kelompok ternak,  yang dapat di akses Kube-Kube yang bergerak di bidang pertanian dan peternakan. (*)

Ditulis oleh: Maya Kartika Sari, S.Sos
Penyuluh Sosial Pertama
Bidang Penanganan Fakir Miskin

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar